Kemenag Balangan : Ibadah Haji Kembali Ditunda

  • Whatsapp
Kepala Kemenag Kabupaten Balangan Muhammad Yamani

Wartaniaga.com, Paringin – Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang ke-5, Ibadah haji juga wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mempunyai kemampuan.

Di Indonesia sendiri setiap tahunnya selalu memberangkatkan Calon Jemaah haji ke Mekkah namun berbeda 2 tahun belakangan ini di karenakan Pandemi Covid 19 yang masih belum berakhir yang tentunya memaksa Pemerintah untuk menunda pelaksanaan agenda tahunannya yaitu mengirimkan Calon Jemaah haji.

Di sampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Balangan Muhammad Yamani, Ia mengatakan kembali tertundanya kegiatan haji tahun ini di Balangan adalah untuk menindak lanjuti keputusan dari Kementerian Agama yang meniadakan keberangkatan calon jemaah haji tahun 2021 di karenakan Pandemi Corona dan keputusan dari Kerajaan Arab Saudi yang menutup pelaksanaan ibadah haji tahun ini kecuali untuk orang yang memang berada di wilayah Arab Saudi.

BACA JUGA:  Pangdam VI/Mulawarman Puji Sinergisitas Penanganan Covid-19 di HSS

“Pemerintah pada tanggal 3 Juni kemarin memutuskan untuk menunda keberangkatan Calon Jemaah haji bagi calon jemaah haji Indonesia”. Ujarnya, Selasa (15/06) saat di temui di ruangannya

Untuk total Calon jemaah haji Balangan dari tahun 2020 hingga 2021 ini berjumlah 200 orang namun karena ada 2 orang yang meninggal dunia maka menjadi 198 di antaranya 178 orang jemaah haji dan 20 orang cadangan.

Yamani juga menambahkan Setelah di keluarkan larangan pelaksanaan haji dari kerajaan Arab Saudi maka membuktikan bahwa tudingan yang beredar di Masyarakat yang mengatakan bahwa Pemerintah menunda pelaksanaan ibadah haji tahun ini bukan karena Virus Corona tetapi karena uang haji di gunakan untuk hal lain bisa di patahkan.

BACA JUGA:  SMK Telkom Banjarbaru Salurkan Bantuan Tahap 2 Untuk Korban Banjir di Wilayah Banjarbaru dan Martapura

“Pemerintah mengeluarkan keputusan itu adalah samata-mata untuk keselamatan, kesehatan, dan keamanan calon jemaah haji”. Tambahnya

Yamani juga berharap, agar para jemaah haji tetap bersabar serta yakin karena semua merupakan takdir dari yang maha kuasa.

“Untuk jemaah harap tetap sabar dan yakin, karena sudah niat insyaallah di catat sebagai pahala oleh yang maha kuasa,” tutupnya.

 

Reporter : Siti Nur Jannah
Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait