Pemkab Barru dan Kotabaru Akan Jalin Kerjasama Periwisata dan Transportasi

  • Whatsapp
Bupati Barru, H Suardi Saleh bersama Bupati Kotabaru H Sayed Jafar

Wartaniaga.com, Kotabaru-Bupati Kabupaten Barru Sulawesi Selatan H Suardi Saleh beserta rombongan mengunjungi Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Kedatangannya di Kabupaten berjuluk Saijaan bukan tanpa alasan, yaitu untuk menjajaki kerjasama pengembangan transportasi laut dan juga pariwisata antara kedua Kabupaten.

“Kedatangan kami bukan hanya sekedar silaturahmi, tetapi juga untuk menjalin kerjasama antara Pemkab Barru dengan Pemkab Kotabaru dalam banyak hal, “tuturnya pada saat meninjau pelabuhan Stagen, Jum’at (17/12/2021).

Dikatakannya, Kabupaten Barru dan Kabupaten Kotabaru memiliki kesamaan, dari keberadaaan pelabuhan serta lalulintas barang yang sangat banyak. Sehingga diharapkan akan ada semacam tol laut yang menghubungkan Barru dan Kotabaru baik secara kedinasan maupun pribadi.

“Ini yang akan kita rintis. Selain itu juga hal – hal lain yang akan kita kerjasamakan, seperti halnya kebutuhan sapi,”terangnya.

BACA JUGA:  Perda Nomor 4 Tahun 2016 : Masyarakat Sejahtera, Desa Maju

Terkait sektor pariwisata, H Suardi Saleh sangat tertarik dengan wisata Goa Lowo yang terletak di Kecamatan Kelumpang Hilir. Yang ternyata dari perbincangan dengan Bupati Kotabaru wisata Goa Lowo ini dikelola langsung Bumdes.

“Besok kami akan kesana, ini sangat luar biasa, berbekal pembiayaan dari APBDes tetapi bisa menghasilkan dan bisa ditiru bagaimana cara pengelolaannya. namanya Pariwisata berbasis masyarakat, yang langsung melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya,”ujarnya.

Sementara Bupati Kabupaten Kotabaru H Sayed Jafar menyambut baik kedatangan dari Pemerintah Kabupaten Barru.

“ini merupakan kunjungan pertama mereka ke Kotabaru, dimana beliau juga membawa beberapa kepala SKPD untuk meninjau langsung pelabuhan dan juga membahas kerjasama terutama terkait dengan penyeberangan antara Kotabaru-Barru-Sulawesi Barat-Bontang,”terangnya.

BACA JUGA:  Pemanfaatan Pekarangan di Barut Tarik Perhatian Ketua TP PKK Balangan

Menurut Sayed Jafar, kerjasama ini nantinya untuk menghidupkan perekonomian antar kabupaten yang dilewati oleh rute kapal penyeberangan.

“Kalau kata pak Jokowi kita menciptakan tol laut,”jelasnya.

Selain meninjau pelabuhan, rombongan Kabupaten Barru juga diajak untuk melihat keindahan pantai Gedambaan dan juga Bukit Mamake, serta meninjau langsung sirkuit Gedambaan.

Tampak ikut dalam rombongan ini, Wakil Bupati Kotabaru, Sekda Kabupaten Barru, Assisten Pemerintahan Kotabaru, serta Kepala SKPD Kabupaten Kotabaru dan juga Kabupaten Barru.

Reporter: Anaq
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait