5.311 Pemuda Kalsel Disiapkan Jadi Petani Milenial

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru- Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanianj Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat hingga September 2021 ada 5.311 pemuda di wilayah ini yang disiapkan untuk menjadi petani milenial.

Melalui program Youth Entrepreneurship and Employement Support Services (YESS) para pemuda di 3 kabupaten yakni Banjar, Tanah Lauat dan Tanah Bumbu ini dibentuk untuk menjadi wirausaha di bidang pertanian.

“Dari jumlah tersebut, 1.496 berasal dari kabupaten Tanah Laut, kemudian 2.739 kabupaten Banjar dan sianya 1.076 Tanah Bumbu. Sementara itu, 28,22 persennya adalah perempuan atau 1.499 orang dan 3.812 laki-laki atau 71,78 %,” jelas Kepala Sekolah SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru, Budi Santoso.

Menurutnya, program YESS ini sendiri merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) RI dengan International Fund For Agricultural Developmen (IFAD) sebagai upaya menghasilkan wirausaha muda perdesaan di bidang pertanian dan tenaga kerja yang kompeten.

BACA JUGA:  8 Kali Raih WTP , Bukti Pengelolaan Laporan Keuangan HSS Penuhi Standar

Mereka, ujar Budi akan mendapatkan pelatihan berbagai skil dan kemampuan yang tidak hanya bidang pertanian tetapi juga manajeman usaha, strategi pemasaran hingga pengelolaan keuangan.

L

Pos terkait