Sektor Pertambangan Masih Menjadi Penopang Terbesar Ekonomi di Kalimantan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sektor Pertambangan masih memberi konstribusi terbesar terhadap perekonomian Kalimantan sebesar 26.94%, Sub sektor pertambangan Batu Bara dan lignit memberi konstribusi terbesar yaitu 72.31%, kostribusi dari Kaltim sebesar 78.33% dan menyusul Kalsel sebesar 12.08%.

Hal tersebut disampaikan Amanlison Sembiring Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dalam webinar bertemakan “Hilirisasi Batu Bara untuk New Kalimantan, Rabu 1 September 2021.

Dia juga mengatakan bahwa perkembangan ekonomi Kalimantan sangat didukung oleh pertambangan Batu Bara dan juga menjadi urat nadi perekonomian Kalimantan dan Indonesia.

Ekonomi Kalimantan tumbuh positif sebesar 6.28% pada triwulan II-2021. Naik sesudah terkontraksi sejak triwulan II-2020. Pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh kinerja LU Pertambangan yang memiliki konstribusi terbesar dalam perekonomian Kalimantan.

BACA JUGA:  Sektor Ekspedisi di Masa New Normal

Pada triwulan II-2021pertumbuhan dari sisi pengeluaran ditopang oleh perbaikan kinerja ekspor. Ekonomi Kalimantan masih akan tetap tumbuh positif sampai dua triwulan ke depan, walaupun lebih rendah dari pertumbuhan di triwulan II-2021.

Dari sisi produksi, Kalimantan memiliki kontribusi signifikan terhadap produksi Batu Bara nasional dengan pangsa pasar sebesar 85.28%. Secara spasial dari Kaltim 56.45% kemudian Kalsel 35.10%.

Tujuan dan pangsa ekspor Batu Bara Kalimantan sejalan dengan Nasional karena ekspor batu bara nasional 90% nya merupakan produksi Kalimantan. Tingginya harga batu bara global saat ini terus mendorong optimism produksi batubara hingga akhir tahun.

Karena dorongan tingginya harga Batu Bara global, diproyeksikan produksinya akan terus meningkat hal ini berkenaan dengan trend Harga Batu Bara Acuan (HBA) yang masih naik.

L

Pos terkait