Tugu Munggu Raya Dipastikan Rampung Satu Bulan Lagi

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Kandangan- Renovasi Tugu Munggu Raya dipastikan akan selesai sekitar satu bulan lagi. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad.S.AP.MA saat meninjau Renovasi Tugu Munggu Raya , di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya pada Kamis (17/6).

Wabup yang juga merupakan Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 , mengatakan pembangunan renovasi Tugu Munggu Raya sudah mencapai 80 persen sehingga bisa dipastikan akan rampung bulan depan.

” Insya Allah satu bulan lagi proses renovasi Tugu munggu Raya dapat dirampungkan, Tugu Munggu Raya ini merupakan salah satu monument Peninggalan Bersejarah di Kab HSS yang bersekala intenasional pada masa penjajahan Belanda 2 Desember 1949, ” katanya.

BACA JUGA:  Tanah Laut Kembangkan Objek Wisata Susur Sungai dan Bekantan

Renovasi tugu Munggu Raya dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS, untuk mewariskan nilai-nilai sejarah perjuangan bagi generasi muda.

Adapun Konsep Renovasi dari Tugu Munggu Raya jelas Wabup, pada latar belakang monument terdapat lima buah pilar yang memaknai lima pasal pada Pancasila sebagai dasar dari Negara Republik Indonesia.

“ Kemudian pada bagian tengah akan terpasang lambang jangkar dengan rantainya  yang memaknai hasil perjuangan Gerakan Divisi IV Alri di bawah kepemimpinan Brigjen H.Hasan Basry,” papar Syamsuri.

Selain itu, pada sisi paling kanan pilar akan terpasang Logo DHC 45 Kabupaten HSS menandai bahwa pembangunan renovasi Monumen Munggu Raya adalah diprakarsai oleh DHC 45 Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

BACA JUGA:  Mardani Perjuangkan Hak Petani Karet dan Sawit

Sementra Pada sisi paling kiri pilar akan terpasang logo PT. Antang Gunung Meratus (AGM) sebagai perusahaan yang mendukung  renovasi monumen ini.

“Monumen Munggu Raya yang pada sisi-sisinya akan dilapisi batu granit agar lebih indah dan lebih memperkuat tugu , namun pada relif naskah dibersihkan dan dicat ulang dengan warna yang lebih elegan dan selaras. Pada bagian depannya akan dibiarkan seaslinya dan di belakangnya berdiri tegak tiang bendera yang tinggi dan tegak mengibarkan sangsaka Merah Putih  ”  jelas Wabup

Di Samping kanan kiri monumen akan dipasang pagar dengan tiang beton dengan rantai yang kokoh sebagai tanda  bahwa  generasi penerus akan menjaga dan mempertahankan hasil perjuangan para pahlawan untuk NKRI

BACA JUGA:  HUT Bhayangkara Ke 74 Momentum Ciptakan Kamtibmas

“ Pada bagian luar sisi kiri dan kanan akan dibuat taman supaya Monumen terlihat lebih indah dan asri,” tutupnya.

 

Reporter : Amutz

Editor : Aditya

L

L

Pos terkait