Pj Gubernur Menilai Tala Punya Kesiapan, Hingga Dijadikan Pilot Project Kabupaten Bebas Pungli

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Penindakan terhadap para pelaku serta langkah – langkah pencegahan terhadap pungutan liar di Kabupaten Tanah Laut, menjadikan Kabupaten yang berjuluk Bumi Tuntung Pandang tersebut ditunjuk sebagai Pilot Projek Kabupaten yang bebas dari pungutan liar ( Pungli ) di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut  terungkap saat kegiatan Pencanangan dan Sosialisasi Kabupaten/Kota Bebas dari Pungli pada era Pandemi Covid-19 yang dihadiri langsung oleh Kepala Satgas Saber Pungli sekaligus Inspektur Pengawasan Umum ( Irwasum ) Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Hotel Rattan Inn Banjarmasin ( 22/6 )


Bupati Tanah Laut H Sukamta pun menyampaikan rasa syukur atas penunjukan Kabupaten yang dipimpinnya tersebut sebagai Pilot Project Pencanangan dan Sosialisasi Kabupaten/Kota Bebas Pungli.

BACA JUGA:  Warga Dua Desa Di Kecamatan Mentewe Nyatakan Dukungan Untuk Cuncung Dan Alpiya

Dirinya mengungkapkan bahwa Inovasi dalam pencegahan aksi pungli juga terus dikembangkan pihaknya melalui pemanfaatan aplikasi teknologi, yang nantinya diharapkan bisa memangkas aktivitas tatap muka, dimana setelah selesai melakukan perizinan hasilnya dapat dicetak sendiri, sehingga menjadi solusi agar tidak ada lagi aksi pungli.
” Tanah Laut siap berkomitmen terhadap pemberantasan pungutan liar ” tegasnya.

Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Laut memiliki kesiapan dalam hal pemberantasan pungutan liar sehingga layak menjadi Pilot Project atau yang pertama dalam pencanangan dan sosialisasi k
kabupaten/Kota bebas dari pungli.

Safrizal menyebutkan bahwa pungli itu merusak moral bangsa, apalagi jika dalam aksi tersebut sudah dalam perencanaan pihak yang bersekongkol melakukan hal yang sama, bahkan kondisi Pandwmi Covid-19 pun dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:  Bantu Korban Banjir, Masyarakat Distribusikan Air Bersih melalui PMI Balangan  

Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak segan melaporkan kepada Tim Saber Pungli jika ada menemukan indikasi pungli, sehingga dapat segera diproses lebih lanjut.
” Kedepan daerah lain akan mengikuti jejak Tanah Laut dalam pencanangan ini ” ucapnya.

Himbauan agar semua lapisan masyarakat dapat mendukung pemberantasan pungli juga disampaikan oleh Komjen Agung Budi Maryoto.

Dirinya juga meminta agar masyarakat dapat menjaga Protokol Kesehatan ( Prokes ) dengan lebih ketat, terlebih Pandemi Covid-19 sedang mengalami peningkatan kasus di wilayah lain.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Asisten Intelijen Kejati Kalsel Abdu Rahman, Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, S.H., M.A, Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.H., S.I.K, Kepala Kejari Tanah Laut Ramadani dan Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Laut Rusdi Hilmi.

BACA JUGA:  Pembangunan Masjid Al-Munawarah, Bupati Letakan Batu Pertama

Penulis : Tony Widodo

L

Pos terkait