Bahan Baku Berlimpah, 30 Warga Diberi Pelatihan Bedak Kayu Bangkal

  • Whatsapp
Ketua Dekranasda HSU, Anisah Rasyidah Wahid

Wartaniaga.com, Amuntai-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj. Anisa Rasyidah Wahid membuka Pelatihan Teknis Pembuatan Masker Bedak Kayu Bangkal yang dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 21 hingga 26 Oktober 2021 di Kalakai Gallery desa Matang Sirang kecamatan Bajang, Kamis (21/10).

Pelatihan ini diikuti 11 orang dari Desa Pinangkara dan 9 orang dari Desa Mawar Sari

Anisah Rasyidah Wahid mengungkapkan dengan dilaksanakan pelatihan ini agar masyarakat dapat mendapatkan ilmu, meningkatkan kreatifitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sebelumnya kita hanya memiliki bahan baku kayu bangkalnya saja yang ada di desa pinangkara dan desa mawar sari namun belum dimanfaatkan, karena lahannya ada mari digunakan, dimanfaatkan dan ilmunya digali karena kita tidak perlu jauh-jauh mencari bahan baku tersebut, jika dimanfaatkan sebaik-baiknya Insya Allah akan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ucap Anisah.

BACA JUGA:  Berkubang Lumpur, Begini Aksi Alpiya Saat Membantu Mobil Petani yang Amblas

Pada kesempatannya ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Instruktur pelatihan pelatihan teknis pembuatan masker bedak kayu bangkal Dr. Nazarni Rahmi, S.TP., M.Si dan Rufida A.md dari Baristand Banjarbaru yang bersedia hadir, serta Dinas Perindustrian Perdagangan koperasi dan UKM (Disperindagkop- UKM) HSU yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan tersebut.

Sementara itu Kabid Perinsdustrian Disperindagkop-UKM HSU, H Muhammad Yani menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan atau memanfaatkan sumber daya gambut yang ada di HSU yaitu berupa kayu bangkal.

“Karena sumber bahan bakunya ada ditempat kita tentunya akan lebih mudah untuk kita menyiapkan bahan bakunya, semoga menjadi nilai tambah setelah kita produksi atau kita olah dan menjadi pupur bangkal kebanggaan HSU,” imbuhnya.

BACA JUGA:  FKPT Cegah Pondok Pesantren Terpapar Radikalisme

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait