Suara Penyandang Disabilitas Pada Pilkada Kalsel 2020

  • Whatsapp

UU NO.7 TAHUN 2017 Tentang pemilu,penjelasan pasal  5  berbunyi yang dimaksud dengan “ kesempatan yang sama” adalah keadaan yang memberikan peluang dan/atau menyediakan akses kepada penyandang disabilitas untuk menyalurkan potensi dalam segala aspek penyelenggaran negara dan masyarakat.

Mengacu pada isi kedua UU diatas,maka perlu adanya persiapan yang baik dari KPU dalam memenuhi amanah dan isi aturan negara dalam memenuhi hak para penyandang disabilitas.

Meskipun pendataan penyandang disabilitas sudah dimulai dilakukan sejak tahun 2019,namun prosentase penyandang disabilitas yang menggunkan hak pilih mereka sangat kecil.

Komisi pemilihan umum melakukan pendataan penyandang disabilitas di setiap daerah kab kota pemilihan dan membuat kolom khusus untuk calon pemilih dalam Daftar pemilih sementara (DPS) dan Daftar pemilih Tetap (DPT).termasuk ragam penyandang disabilitas masing-masing pemilih itu.Tentu saja pendatan ini dibuat dengan harapan adanya perubahan dalam melayani penyandang disabilitas saat mereka menjalankan kewajiban sebagai warga negara,meski ada beragam hambatan yang dialami para penyandang disabilitas.

BACA JUGA:  Tuduhan Kasus Terhadap Drs. Ansharuddin, M.Si. Menurut Pakar Hukum Pidana Wajib Mengedapankan Asas Praduga Tak Bersalah

Bagaimana dengan layanan agar seorang dengan hambatan akibat disabilitas dapat berperan dalam menjalankan hak politik mereka?

Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa aksesibilitas dalam pemilihan umum belum benar-benar terjadi.tempat pemungutan suara (TPS) yang berundak.menyulitkan pengguna kursi roda.

L

Pos terkait