Suara Penyandang Disabilitas Pada Pilkada Kalsel 2020

  • Whatsapp

Surat suara tanpa template khusus menyulitkan penyandang disabilitas sensorik netra saat akan melakukan pencoblosan atau salah saat mencoblos yang mengakibatkan surat suara menjadi tidak sah atau dianggap rusak.

Terjadinya penolakan terhadap penyandang disabilitas mental yang dianggap sebagai orang yang tidak mampu menjalankan haknya karena kondisi mentalnya. Kondisi pandemi,membuat semakin terbatasnya ruang gerak seseorang disabilitas.para penyandang disabilitas yang disebabkan oleh sakit tertentu,tentunya membatasi diri untuk keluar rumah.

Perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk memenuhi target.berbagai hal ini perlu dilakukan dengan serius,missal dengan pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas,baik berupa kesiapan fisik TPS,penyediaan template khusus untuk penyandang disabilitas sensorik netra dan pendamping saat pencoblosan.

BACA JUGA:  Masalah (Tak Biasa) Indonesia

Dan salah satu yang dapat dilakukan oleh KPU Kab kota di Kalimantan selatan adalah dengan system jemput bola.cara jemput bola sudah dilakukan bagi pasien-pasien rumah sakit yang tetap ingin menggunakan hak pilih mereka saat pilpres tahun lalu.

Jika ingin mendapatkan hasil yang luar biasa,memang dibutuhkan kerja yang luar biasa.

Salam Demokrasis semua Teman-Teman penyandang disabilitas dimana pun kalian berada dan jangan lupa gunakan hak politik yang dilindungin undang-undang.Dan salam sehat dan sukses buat penyelenggaran pemilu  semua.

PENULIS : HERVITA LIANA,SH.

KETUA OPD PPUA DISABILITAS PUSAT PEMILIHAN UMUM AKSES PENYANDANG DISABILITAS PROV.KALIMANTAN SELATAN.

L

Pos terkait