RSUD Pambalah Batung Resmi Miliki RT – PCR

  • Whatsapp
Peresmian RT-PCR RSUD Pambalah Batung oleh anggota DPR-RI, Bambang Hery Purnama dan Bupati HSU, H Abdul Wahid HK

Wartaniaga.com, Amuntai –Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kini telah  resmi memiliki Laboratorium Real Time- Polymerase Chain  Reaction (RT – PCR) atau Alat diagnosa uji swab pasien terjangkit Covid-19. RT-PCR sendiri diresmikan oleh anggota DPR-RI Bambang Heri Purnama, didampingi Bupati HSU, H Abdul Wahid HK  pada Sabtu (26/9) di Amuntai.

Bambang Hery Purnama mengaku bersyukur kabupaten HSU memiliki alat swab ini secara mandiri, guna memenuhi kebutuhan hasil pemeriksaan medis covid-19 yang lebih efesien.

” Saya harap adanya alat PCR ini mudah mudahan dapat cepat menekan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten HSU, karena kita dapat cepat mengetahui hasil yang kongkrit, apakah seseorang itu terjangkit virus Corona, negatif atau positif,” katanya.

BACA JUGA:  Warga Sarang Burung Dapat Pengetahuan Keselamatan Berlalulintas

Anggota Komisi I DPRD-RI Fraksi Golkar ini juga berpesan kepada pemerintah daerah agar benar-benar memaksimalkan peralatan ini sehingga kasus positif di HSU dapat benar-benar ditekan sekecil mungkin.

Sementara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyebut peresmian Laboratorium PCR ini sendiri merupakan salah satu yang pertama untuk wilayah Banua enam.

Ia berharap kabupaten lain juga dapat menyusul hal serupa guna mempercepat penanganan deteksi covid-19 ini di seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

Ditemui terpisah, Direktur RSUD Pembalah Batung dr Yandi Friandi, menjelaskan bahwa alat PCR ini rencananya akan siap beroperasi per tanggal 1 Oktober 2020 mendatang.

Selain untuk membantu Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU) dalam menekan penyebaran Covid-19, alat PCR RSUD Pembalah Batung juga akan melayani swab test permohonan pribadi.

Pos terkait