Kenaikkan Bawang Putih, Bukan Indikator Operasi Pasar Murah.

Kenaikkan Bawang Putih, Bukan Indikator Operasi Pasar Murah.

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Sejak menjelang akhir tahun sampai awal Maret 2020, harga beberapa bahan pokok di Kota Banjarmasin terus konsisten mengalami kenaikan, terutama kenaikan harga minyak goreng, gula dan bawang putih.

Pasalnya, menurut pemberitaan wartaniaga.com sebelumnya, kenaikan harga bawang putih, gula dan minyak goreng sangat memberi pengaruh terhadap kondisi dapur milik warga Banjarmasin. Namun hingga saat ini kondisi harga yang belum tersebut belum membuat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Banjarmasin tergerak untuk melakukan operasi pasar murah.

Indikator Operasi Pasar Murah

PLT Kepala Disperindag Banjarmasin, Norbiansyah mengatakan bahwa indikator dilakukannya pasar murah bukan dari melonjaknya harga bawang putih.

“Yang paling tinggi kenaikannya kan bawang putih, sedangkan itu tidak termasuk kategori untuk pelaksanaan operas pasar murah. Sedangkan minyak goreng dan gula kenaikannya masih dalam harga yang normal” ucap.

Menurutnya, hal ini diperparah dengan kondisi masyarakat banjarmasin yang saat ini sedang merayakan peringatan Isra Mi’raj yang rutin dilaksnakan jika memasuki bulan Rabi’ul Awwal.

“Momen tahunan ini membuat permintaan bahan sembako meningkat dan tidak berimbang dengan stok atau persediaan yang ada dimasyarakat, terutama bawang putih yang menjadi bahan utama hidangan untuk acara,” jelasnya.

Ia menuturkan pihaknya hanya bisa pasrah dengan kondisi tersebut. Pasalnya hingga saat ini stok bawang putih nasional masih tergantung dengan kiriman (impor) dari negara china.

“Kita tidak bisa berbuat banyak dengan mahalnya bawang putih ini, mau diadakn pasar murah tapi stok nasional saja masih belum normal,” tandasnya.

Selain itu ia menjelaskan operasi pasar murah dilakukan ketika menghadapi hari-hari besar saja, “seperti saat menjelang tahun baru, bulan puasa, hari raya idul fitri, dan lain-lain,” pungkasnya.

Reporter/Foto : Fadlan
Editor : Mukta

Pos terkait

banner 468x60