Rayakan Cap Go Meh, Klenteng An Hwa Tian, tampilkan Barongsai Hibur Masyarakat.

  • Whatsapp
Warga Tionghoa Kotabaru ramai melaksanakan perayaan Cap Go Meh di Kelenteng An Hwa Tian

Wartaniaga.com, Kotabaru- Dua pekan pasca perayaan Imlek, Warga Tionghoa Kotabaru ramai melaksanakan perayaan Cap Go Meh di Kelenteng An Hwa Tian, Kotabaru, Sabtu (8/2/2020) malam.

Turut berhadir di Kelenteng berusia 125 tahun tersebut tokoh masyarakat. Diantaranya, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Kodim 1004/Kotabaru Mayor Inf Samsul Khusairi, Palaksa Lanal Kotabaru Mayor laut (P) Widi Susanto, dan Ketua PSMTI Kotabaru.

Ketua pengurus Klenteng An Hwa Tian, Gunadi Utomo mengatakan kegiatan Cap Go Meh merupakan acara tahunan komunitas Tionghoa yang melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek.
“Semua berbaur menjadi satu dalam menjaga kekompakan, sehingga rasa kebersamaan, keakraban semakin kental dalam menyempurnakan malam penutupan Imlek tersebut.” ungkap Gunadi yang akrab disapa Calai.

BACA JUGA:  Pengurus SMSI Kalsel Audensi ke Walikota Banjarmasin

Warga Tionghoa Kotabaru ramai melaksanakan perayaan Cap Go Meh di Kelenteng An Hwa Tian

Warga Tionghoa Kotabaru ramai melaksanakan perayaan Cap Go Meh di Kelenteng An Hwa Tian

Dalam perayaan Cap Go Meh di Klenteng An Hwa Tian juga di pentaskan aktraksi Barongsai yang dimainkan oleh pemuda komunitas Tionghoa. Aksi lincah Barongsai dengan berbagai gerakan atraksi yang berirama itu menjadi tontonan menarik bagi warga Tionghoa maupun masyarakat umum yang hadir.

Menurutnya Gunadi, atraksi Barongsai merupakan salah satu rangkaian dalam proses pelaksanaan kegiatan keagamaan mereka.
‚ÄúSekaligus dengan menampilkan atraksi Barongsai untuk menghibur warga masyarakat kotabaru, dalam kegiatan ini kami harus laksanakan setiap tahun, sebab turun temurun, sehingga tidak bisa ditinggalkan.” tutupnya.

Reporter : Zainuddin
Editor : Akbar Laksana

Pos terkait