Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa.

  • Whatsapp
Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa.

Wartaniaga.com– Kehidupan mahasiswa di era serba digital sekarang ini tidak lepas dari penggunaan perangkat komputer. Mulai dari mengerjakan tugas, mengirim email, browsing internet dan download data perkuliahan. Tapi kita tidak bisa sembarang membeli laptop kalau tidak mau menyesal dikemudian hari.

Sekarang memang banyak laptop murah atau yang terlihat keren, tapi kita tidak bisa langsung memilih berdasarkan harga yang murah atau penampilannya yang keren saja.

Laptop untuk Mahasiswa

Sebab kalau salah memilih mungkin saja laptopmu tidak akan bertahan lama atau tidak sesuai dengan penggunaannya dan itu akan menguras isi dompetmu dua kali lipat.

Yuk ikuti tips ini agar dapat memilih laptop sesuai kebutuhanmu.

BACA JUGA:  Ketua PWI Kalsel : Wartawan Harus Profesional

1. Tentukan Budgetmu
Permasalahan tentang budget adalah hal utama ketika kamu ingin mencari laptop. Kamu bisa menetukan range harga laptop yang akan kamu beli agar dapat dengan mudah mencari tipe-tipe laptop yang berada dalam jangkauanmu. Bagi mahasiswa disarankan untuk membeli laptop sesuai dengan kondisi kantong, jangan sampai kamu makan mie instan berbulan-bulan hanya karena ingin membeli laptop gaming yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan kuliahmu.

2. Pahami Kebutuhanmu
Setelah budget ditentukan, mari kita pelajari keseharianmu. Apakah kamu seorang gamer ringan? Ataukah kamu melakoni editing ringan? Atau bahkan kamu adalah seorang progammer?? Ini akan mempengaruhi laptop apa yang cocok untukmu. Akan terasa mahal bila kamu mencari spesifikasi yang sesuai kebutuhanmu terlebih bagi kamu yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi, jadi cobalah melirik laptop bekas dengan kualitas bagus untuk menjadi pilihanmu!

BACA JUGA:  Siti Hairiyah Seduh Kopi Ala Chef

3. Tentukan laptop yang sesuai kepribadianmu
Nah setelah kamu mendapatkan spesifikasi sesuai kamu bisa menentukan laptop pilihanmu dari kepribadian. Laptop tipis dan elegan cocok untuk kamu yang suka membawanya bepergian karena praktis. Laptop ukuran b esar dan kokoh cocok untuk kalian yang jarang beraktifitas diluar ruangan atau hanya buat dipake di kosan.

4. Carilah laptop yang aftersales-nya terjamin
Urusan memiliki laptop tidak selesai hanya sampai ketika kita membelinya diawal. Pembeli juga harus perhatikan layanan aftersales yang ditawarkan oleh merek laptop. Seperti durasi garansi produk, lokasi servis, dan ketersediaan sparepart. Jangan sampai setelah beli laptop malah kebingunan ketika mendadak rusak.

5. Minta saran pada yang berpengalaman
Sudah baca tips diatas tapi masih belum percaya diri untuk menentukan laptop mana yang ingin kamu pilih? Cobalah minta bantuan dari orang yang lebih berpengalaman, semisal sahabatmu yang menguasai dunia IT atau rekanmu yang kuliah di jurusan teknologi. Mereka tentu tidak akan keberatan kalau kamu mintauntuk mendampingi saat mencari laptop yang kamu inginkan.

BACA JUGA:  Menikmati Pantai Losari Ditemani Pisang Epe

Jadi, demikian tips memilih laptop bagi kamu para mahasiswa. Semoga berguna dan tetap semangat!

Penulis : Nagawati Limantara
Editor : Akbar Laksana

Pos terkait