Dinas Pertanian Tala Dorong Petani Berwirausaha

Wartaniaga.com,Pelaihari- Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Pertanian mendorong petani untuk menjadi wirausaha dibidang agrotani. Salah satunya dengan melakukan pelatihan Tematik Pengelolaan Pertanian Terpadu kepada para petani yang berusia di bawah 40n tahun.

Suteng Pramono, Kelompok Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Tala, mengatakan pelatihan ini bertujuan memberi pembekalan mereka untuk berwirausaha di bidang pertanian.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“ Kami memang memilih petani yang usianya masih di bawah 40 tahun, selain masih produktif, mereka juga lebih mudah menerima ilmu yang diberikan para narasumber. Mereka dari para petani di 5 kecamatan, yakni pelaihari, Takisung,Batu Ampar,Bajuin dan Kurau ” terangnya

Dikatakannya,  pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari yang meliputi penyediaan bahan  pangan,pengolahan lahan dan pengolahan pupuk,baik pupuk cair maupun pupuk padat.

Sementara itu, Marheinis Budi Santoso Widya Iswara Utama dari Balai besar pelatihan pertanian Binuang mengungkapkan para petani akan dilatih bagaimana membuat sistem pertanian terpadu berbasis zero wash.

“ Zero wash atau tanpa limbah  diharapkan dapat lebih menjamin produktifitas, stabilitas para petani yaitu untuk memaksimalkan  lahan sehingga  tidak ada yang menganggur dan lahan lebih efisien dan efektif” jelasnya.

Ditambahkannya, juga untuk memenuhi semua kebutuhan petani baik kebutuhan terutama  pangan. “  Prinsifnya petani akan terpenuhi pangan, pakan ternak, pupuk maupun   full energi yg di peroleh dari limbah ternak” ungkap Budi.

Pelatihan angkatan pertama ini juga menghadirkan pembiacar dari Dinas Pertanian Provinsi Kalsel, Balai Besar Pertaian Binuang dan akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat.

Reporter : Toni Widodo

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Toni Widodo

 

Pos terkait

banner 468x60