Disnakertrans Kotabaru Latih 96 Pencari Kerja

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Kotabaru – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotabaru memberikan  pelatihan berbasis Kompetensi bagi para pencari kerja pada Rabu (26/9) di Balai Latihan Kerja, Kotabaru. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan komptensi sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja.

Menurut Kadisnakertrans Kabupaten Kotabaru, H Zainal Arifin, jumlah pencari kerja hingga Agustus 2018 tercatat berjumlah 1.313 orang.

Muat Lebih

“  Sampai akhir Agustus 2018 data pencari kerjadi di Kabupaten Kotabaru berjumlah 1.313 orang,lulusan SD sebanyak 64 orang, SMP  ada 79 orang, SLTA sebanyak 856 orang, Diploma berjumlah 116 orang, Sarjana berjumlah 196 orang, dan Pasca Sarjana sebanyak 2 orang” katanya.

BACA JUGA:  Bupati Minta Siring Laut Selesai Tepat Waktu

Ditambahkannya, pelatihan ini merupakan angkatan ketiga untuk tahun ini dan diikuti sebanyak 96 orang yang terdiri dari pelatihan teknik las, otomotif dan kelistrikan.

“ Kesempatan pekerjaan sangat terbatas, dari data kami untuk bulan ini hanya sebanyak 49 lowongan, sedangkan jabatan yang diperlukan tidak dapat diisi. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan SDM pencari kerja”ujarnya.

Banginya, peningkatan SDM juga akan memperbanyak penyerapan tenaga kerja lokal. Berdasarkan pengalaman terdahulu, sambungnya sebanyak 70 persen lebih peserta didik terserap sebagai tenaga kerja.

Selain dilaksanakan di BLK, pelatihan serupa juga dilaksanakan oleh lembaga pelatihan kerja (LPK). “ Bukan hanya kami yang memberikan  pelatihan ini tetapi juga LPK yang ada di Kotabaru sebanyak 18 LPK” terangnya.

BACA JUGA:  Bupati Kotabaru Lantik 8 Kepala Desa

Pembukaan pelatihan ini juga dihadiri Staf Ahli Bupati kotabaru Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ir. HM Hasbli M. Tawab, SH, MM,  para Pejabat dilingkup Pemkab, Perusahan BUMD dan BUMN dan Ketua Gapensi Kotabaru.

 

Reporter : Zainuddin

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Zainuddin

 

L

Pos terkait