Kontrol Inflasi, Rumah Pangan Lestari Jadi Solusi

  • Whatsapp
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Herawanto. (Bertopi)

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Mengembangkan Rumah Pangan Lestari (RPL) menjadi salah satu solusi yang ditawarkan Bank Indonesia dalam upaya menjaga kestabilan inflasi khususnya di daerah Kalsel.  Demikian diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Kalsel, Herawanto kepada sejumlah wartawan saat Kick Off Pekan Gerakan Pembayaran Nasional (GNP), di Banjarmasin, Minggu (29/7).

Menurutnya, harga telur dan ayam yang saat ini terus meningkat tentunya akan berpengaruh terhadap infasi. “ Kondisi ini memang terjadi secara nasional, karena kedua komoditas saling terintegrasi mulai dari pakannya, ayam sampai telur” ujarnya.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Rosmaya Perkenalkan QRIS ke Pedagang Pasar Terapung

Dikatakannya, saat ini pakan dari industri peternakan besar banyak tergantung pada import sehingga apabila terjadi gejolak terhadap nilai tukar rupiah, maka otomatis akan meingkatkan nilai jual telur dan ayam.

Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tim Penanggulangan inflasi Daerah (TPID)  guna mengontrol inflasi. “ Dalam waktu dekat kita akan lounching juga Rumah Pangan Lestari” terangnya

Rumah pangan Lestari ini, sambung Herawanto adalah rumah tangga yang mengelola ternak seperti ayam atau ikan sehingga masyarakat tidak lagi tergantung pada insutri peternakan besar.

Selain itu, masyarkat dapat menanam cabe atau sayuran yang harganya fluktuatif. Iya meyakini program ini dapat mengontrol inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. “ Sudah ada di daerah Banjarbaru, kita akan gelorakan lebih banyak lagi nantinya” jelasnya

BACA JUGA:  Masih Menanti Kapan Jalan Gubernur Sarkawi Diperbaiki

Herawanto mengaku telah mendapat dukungan dari Pemprov Kalsel untuk menjadikan Rumah Pangan Lestari  sebagi salah satu pengontrol  laju inflasi. “ Saya sudah  bicara sama pak gubernur, beliau mendukung. Meskipun secara umum inflasi di Kalsel masih bisa terjaga” katanya.

Penulis : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

 

L

Pos terkait