Dikelola Secara Swadaya, Air Terjun Lano Perlu Perhatian Pemerintah

  • Whatsapp
Salah satu sudut air terjun Lano, Kecamatan Jaro Kab. Tabalong

Wartaniaga.com,Tanjung- Seakan tidak ada habisnya Kalimantan Selatan (Kalsel) menyimpan pemandangan alam yang indah dan nyaman untuk dinikmati. Salah satunya air terjun Lano yang terletak di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.

Meski berada di perbatasan antara Kalsel dan Kaltim, sekitar 65 km dari  kota Tablong, objek wisata ini menjadi tujuan banyak masyarakat 2 provinsi ini. Terhitung dalam seharinya tidak kurang 500 an orang berkunjung dan menikmati sejuknya air terjun Lano.

Muat Lebih

Dikelola oleh masyarakat secara swadaya yang tergabung dalam Pokdarwis Nagarawi sejak 2 tahun silam. Air terjun yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 10 menit dari ibukota kecamatan ini masih menyimpan keaslianya.  Terbukti, untuk menuju air terjun, dari gerbang masuk kita harus berjalan kaki menyisir pinggir sungai yang masih ditumbuhi pepehonon rindang.

BACA JUGA:  Gairahkan Ekonomi, Dandim 1009/Plh Sambangi Petani Kopi Desa Pemalongan

Walau menyimpan pesona keindahan, nyatanya perhatian pemerintah terhadap destinasi ini masih kurang. Menurut Ketua Pokdarwis Nagarawi, Rasyid hingga saat ini masih belum ada bantuan dari pemerintah kabupaten.

“  Lahan parkir yang kami miliki belum memadai dan kadang tidak dapat menampung kendaraan pengunjung yang datang, terlebih lagi  pada musim liburan” jelasnya kepada wartaniaga.com

Padahal, sambung Rasyid objek wisata yang dikelolanya ini cukup banyak dikunjungi, terlebih lagi pada musim lebaran kemarin yang mencapai 5000 an perhari. “ Tiket yang terjual pada  lebaran kemarin 5000 lebar lebih” katanya.

Selain itu, pagar pembatas yang terbuat dari kayu sudah mulai rusak dan sebagian roboh. Untuk itu, dirinya berharap pemkab Tabalong dapat memperhatikan objek wisata yang berada di ujung timur kabupatennya ini.

BACA JUGA:  Kalsel Tahun 2020, Akan Bangun Unit Pembibitan Kopi

Sementara itu, Taufik Koordinator Lapangan objek wisata ini, juga mengungkapkan hal yang sama, perlu adanya renovasi sebagian fasilitas yang ada.

“ Demi kenyamanan dan keamanan pengunjung ada baiknya beberapa fasilitas yang ada diperbaiki dan kami berharap pemerintah dapat membantu” ungkapnya.

” Sudah beberapa kali baik pemerintah daerah maupun anggota dewan datang kesini, tetapi belum ada bantuan hanya janji yang kami dapatkan, malahan Paman Birin ( Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor,red) yang membangun sebuah gazebo untuk peristirahatan wisatawan,”cerita Taufik.

Baik Rasyid maupun Taufik berharap uluran tangan pemerintah untuk membantu dan mengembangakan destinasi ini” Kami mengharapkan pemda bisa membantu dalam mengembangakan wisata Air terjun Lano ini,” pungkas mereka.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Banjarbaru yang Wajib Dikunjungi (Bagian 3, Habis)

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

Pos terkait