Ekonomi Syariah Potensi Ekonomi Daerah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Perkembangan ekonomi syariah dewasa ini cukup menggembirakan. Bukan saja dibidang keuangan, ekonomi syariah sudah banyak diterapkan dibidang bisnis lain seperti property, kuliner, perhotelan bahakan pariwisata.

Meski belum secara luas diterapkan, namun ekonomi syariah telah banyak berdampak terhadap perkembangan ekonomi daerah. demikian terungkap saat Seminar Ekonomi Syariah, Potensi Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah yang diselenggaran di Gedung Bank Indonesia Kalsel, Banjarmasin Rabu (23/5).

Muat Lebih

Menurut Kepala Biron Sarana dan Prasarana Daerah, Pemprov Kalsel sebagai daerah agamis, Kalsel memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan ekonomi syariah.

BACA JUGA:  Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Capai 83 Persen

“ Kita lihat saja, jamaah haji dan umroh kita merupakan yang terbanyak di Indonesia, hal ini menunjukan betapa besarnya  potensi ekonomi syaraiah yang dapat dikembangakan” jelasnya

Terlebih lagi, ditambahkannya budaya masyarakat Banjar yang terkenal handal berdagang dan agamis menjadi faktor pendukung dikembangkannya ekonomi syariah di daerah ini.  “ Akar budaya orang Banjar ini handal dalam berdagang sehingga faktor ini juga menjadi penunjang jika ekonomi syariah dikembangkan secara fokus di daerah kita ini” terangnya.

Sementara itu,Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Jardine A Husman  mengatakan saat ini ekonomi syariah tidak lagi didominasi oleh bidang keuangan saja tetapi sudah  berkembang ke bidang bisnis lain seperti  makanan dan hotel.

BACA JUGA:  Sayur Bening Jadi Pengobat Rindu Shifu Hellen dan Suami

“ Sekarang sudah ada halal food, travel syariah dan fashion syariah jadi ekonomi syariah sudah tidak lagi didominasi oleh bidang keuangan” katanya seraya menambahkan kalau dulu memang ekonomi syariah identik dengan keuangan syariah.

Ditambahkannya,  ekonomi syariah sangat berpotensi dikembangkan di Kalsel, selain budaya masyarakat Banjar yang telah berdagang dengan transaksi Islami juga jumlah umat Islam yang mencapai 96 persen dari jumlah penduduk Kalsel.

“ Dimulai dengan tekad dan niat yang kuat saya yakin ekonomi syariah dapat dikembangkan secara luas di Kalsel dan memberi kontribusi terhadap perkebangan ekonomi daerah” ujarnya.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor  Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

Pos terkait