Petani HKTI Kembangkan Buah Nangkadak

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Ada yang berbeda diperhelatan pelantikan seluruh pengurus Himpunan Kerukanan Tani Indonesia (HKTI) Kalsel, Sabtu (10/2) di Mahligai Pancasila Banjarmasin. Terlihat buah yang berbetuk nangka namun memiliki rasa cempedak.

Ya, inilah buah hasil perkawinan antara cempedak dengan nangka yang merupakan buah karya seorang petani dari kabupaten Tanah Laut. “ Awalnya cuma coba-coba ternyata hasilnya cukup menggembiarakan” ujar Abdullah petani yang mengawinkan kedua buah ini.

Muat Lebih

Berbekal eksperimen dan kosultasi dengan Dinas Pertanian setempat, dirinya mencoba mengawinkan buah yang memiliki kulit sama ini. Hasilnya kemudian diberi nama Nangkadak atau nangka rasa cempedak.

BACA JUGA:  Cempedak Pontianak Banjiri Banjarmasin
Abdullah memperlihatkan nangkadak hasil tanamannya

“ Sudah hampir 5 tahun saya  mengembangkan tanaman ini, Alhamdulillah nangkadak sangat laris dan banyak disuka oleh masyarakat” ungkapnya kepada wartaniaga.com

Meski hanya memanfaatkan tanah seadanya, petani Desa Pulau Sari, Kabupaten Tanah Laut ini telah menghasilkan buah nangka dan lebih panjang, kulitnya juga agak rapat seperti cempedak biji buahnya seperti nangka , daging buahnya pun lebih tebal rasanya persis buah cempedak manis dan enak.

Melihat potensi buah cempedak yang laku dipasaran,Abdullah berharap dengan terlibatnya di HKTI mampu membantu mengembangkan buah produksinya ini.

“ Hasil penjualan nangkadak dapat membantu ekonomi masyarakat, kami berharap HKTI nantinya dapat membantu mengembangkan perkebunan dan pemasarannya” katanya.

Sementara itu, Ketua HKTI Kota Banjarmasin Noorlatifah, merasa bangga dengan buah hasil produksi salah satu anggota HKTI ini. Menurutnya ini merupakan inovasi dan kreatifitas positif dari angota yang harus didukung bersama.

BACA JUGA:  Ada Apa ? Pedagang Pasar Kalindo Minta Perlindungan Kapolresta

“ HKTI akan terus mendukung dan mendorong semua petani untuk terus mengembangkan hasil pertaniannya termasuk produk nangkadak ini” ujarnya.

Selain itu, HKTI juga nantinya akan memberikan fasilitas dan membangtu pemasaran misalnya  kerjasama  dengan dinas-dinas, supermarket serta pihak swasta lainnya.

“ Nangkadak ini bisa kita kembangkan menjadi camilan, dibikin selai atau yang lainnya sehingga memiliki nilai lebih dan dapat kita jual melalui supermarket yang banyak tersebar di banua kita ini” beber anggota DPRD kota Banjarmasin ini.

Reporter : Edy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edy Dharmawan

Pos terkait