TNI Cetak 1500 Hektar Sawah di Kalsel

  • Whatsapp
Danrem 101 Antasari, Kolonel ARM M. Syafei Kasno menerima karikatur dirinya dari Ketua PWI Kalsel, Zainal Hemli

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama petani mencetak 1500 hektar sawah di Kalsel, demikian disampaikan Danrem 101 antasari Kolonel Arm M Syafei Kasno saat acara halal bihalal bersama insan pers se Kalsel, Banjarmasin rabu malam (9/8).

Menurutnya, TNI bekerjasama dengan Kementerian Pertanian untuk mencetak persawahan di berbagai wilayah di Indoneaia termasuk Kalsel.  Sebagai salah satu tugas TNI saat keadaan tidak perang, maka TNI wajib membantu masyarakat.

Muat Lebih

Lebih lanjut Syafei menuturkan di Kalsel TNI diminta mencetak sebanyak 1.500 hektar yang tersebar di 7 kabupaten. Tujuannya mencukupi kebutuhan pangan di daerah dan lebih baik lagi  jika terjadi surplus bisa untuk stok nasional.

BACA JUGA:  Kawasan Lahan Terminal Tipe A Hangus Terbakar

Adapun kabupaten yang mendapat jatah mencetak sawah bersama TNI adalah Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Batu Licin, Kota Baru, HST, HSS dan Tabalong.

“ Target kita bulan Nopember nanti semua bisa selesai 1.500 hektar ini” ujar Danrem yang baru 3 bulan bertugas ini.

Selain itu, TNI juga bekerjasama dengan Bulog membuat program Sergab atau Serap Gabah. Program ini bertujuan untuk membeli gabah milik petani sehingga harganya bisa stabil dan menguntungkan petani.

Dikatakanya, TNI melalui Babinsa selalu siap untuk membantu petani untuk mengembangkan pertanian salah satunya dengan program Sergab ini.

“ TNI siap membantu masyarakat terutama petani, ikut serta mensejahterakan mereka dengan berbagai program yang kami kerjakan, misalnya membangun jalan, mencetak sawah dan membeli gabah yang berekjasama dengan Bulog” katanya

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan, PDAM Perlu Dana 800 Miliar

Selain Ketua PWI Kalsel terpilih Zainal Helmi didamping Sekretaris, M Yusni yang hadir pada acara ini, juga perwakilan dari AJI serta IJTI. Pada kesempatan itu, Ketua PWI Kalsel menyerahkan cenderamata kepada Danrem sebagai bentuk ucapan selamat datang di Bumi lambung Mangkurat.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

 

 

 

Pos terkait