IWAPI Kalsel Siapkan Manajerial UKM

  • Whatsapp
Pengurus Iwapi Kalsel bersama tokoh Pers dalam sebuah acara

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Ikatan Wanita Pengusahun  Indonesia ( IWAPI) Kalsel terus berupaya memberikan yang terbaik untuk banua, setidaknya hal ini terlihat dari berbagai program kerja  yang telah disusun untuk 5 tahun kedepan. Salah satunya dengan mempersiapkan pelatihan manajerial bagi Usaha Kecil Mikro (UKM) agar lebih terarah.

Menurut Ketua IWAPI Kalsel, Hj Shinta Laksmi Dewi, banyak program yang nantinya akan dijalankan untuk periode 2017-2022 diantaranya pelatihan manajerial, membantu perijinan UKM dan pemberdayaan petani untuk agro industri.

Muat Lebih

“ UKM kita perlu  diberi pelatihan manajeman sehingga mampu bersaing dengan pendatang dari luar daerah, terlebih lagi kita tidak dapat menghindari MEA yang  sudah berjalan ini” katanya kepada wartaniaga.com.

BACA JUGA:  IWAPI Kalsel Fokus Bina Sektor Usaha Mikro

Menurtnya  selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, Kalsel juga harusnya  mengembangkan agro industri  dan kelautan.

“Kita lihat salah satu negara bagian Malaysia, Serawak, mereka sudah mampu untuk melakukan pengkalengan ikan sarden, mereka bisa kitapun sebenarnya bisa, terlebih lagi kita banyak memiliki hasil laut” ucapnya

Selain ikan dan hasil laut, Shinta menambahkan hasil perkebunan dan pertanian juga dapat dikemas agar memiliki nilai lebih.  Baginya masih banyak potensi Banua yang belum dimaksimalkan

“ Melakukan kemasan produk sangat diperlukan bagi usaha kecil, pengusaha Banua harus berhenti dari pakem hanya mengkonsumsi tapi sudah saatnya kita memproduksi” katanya.

Dirinya berecana  akan melakukan kerjawama  dengan Balai Latihan Kerja Kalsel dan beberapa SMK sebagai tempat pelatihan. Untuk pemberitahuan pelatihan dan program kerja lainnya akan disebarkan kepada masyarakat umum oleh IWAPI  cabang kabupaten/kota yang sudah ada 8 cabang.

BACA JUGA:  Point Cafe Banjarbaru 2020 Wajib Bayar Pajak

Meski demikian, Shinta berharap ide  pembangunan dan kemajuan dengan mengunakan kearifan lokal yang disalurkan melalui IWAPI ini nanitinya  dapat dibantu  oleh pihak pemerintah seperti  Dinas Perdagangan,Dinas Perindustrian, Dinas Pertanian  maupun Perikanan agar nantinya kekayaan alam Kalsel ini dapat dimaksimalkan.

Reporter : NH Fikri

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Koleksi IWAPI

Pos terkait