Pemkab Kotabaru Bangun Dua Pasar Senilai Rp1,150 miliar

Bupati Kotabaru Sayed Jafar memotong pita tanda diresmikannya pasar

Wartaniaga.com,Kotabaru – Pemerintah Kabupaten Kotabaru membangun dua pasar di Kecamatan Kelumpang Hilir senilai Rp1,150 miliar, sebagai salah satu upaya menggerakkan roda perekonomian di desa.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, berharap, hadirnya Pasar Desa Tarjun Jaya dan Pasar Sumber Rezeki di Desa Mandala dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar pasar, khususnya pedagang pasar.

“Keberadaan pasar, khususnya pasar desa ini, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Dengan hidupnya pasar Desa ini, tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di desa tersebut,” kata Bupati Kotabaru, saat meresmikan pasar Desa Tarjun dan Desa Mandala di Kecamatan Kelumpang Hilir, Rabu (10/1).

Dikatakan, Pasar Tarjun Jaya dengan fasilitas berupa listrik, air dan bangunan berupa kios dan Los pasar di Desa Tarjun dibangun melalui Dana Desa sekitar Rp800 juta.

Sedangkan Pasar Sumber Rezeki Desa Mandala dibangun menggunakan dana APBD Kotabaru sebesar Rp184 juta dan pemasangan paving blok pasar Desa Mandala sebesar Rp166 juta.

Bupati meminta masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan dan merawat pasar desa ini ditengah berkembangnya pasar modern. Karena hilangnya pasar desa dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Setelah pasar ini diresmikan dan beroperasi, kami berharap agar seluruh elemen pasar desa baik pengelola, pedagang dan pembeli dapat bersama-sama menjaga kebersihan, menjaga fasilitas dan keamanan serta memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, bukan tidak mungkin masyarakat akan lebih memilih berbelanja di pasar tradisional dibanding di pasar modern,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mandala Jumari menjelaskan, kurang lebih 8 tahun warga desa mereka menginginkan pasar ini yang mana selama ini berjualan dibahu jalan.

“Kami warga Mandala sangat gembira dengan adanya peresmian pasar tersebut, karena kurang lebih delapan tahun kami menginginkan adanya bangunan pasar ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pedagang mulai melakukan aktifitasnya menggelar barang daganganya sejak 2015, dan 2024 keinginan warga untuk dibangun pasar kini terwujud.

Pasar Mandala dilengkapi fasilitas seperti listrik, air dan wc, dengan harapan masyarakat yang beraktivitas jual beli di pasar ini merasa aman dan nyaman.

Reporter : Anaq
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60