HSU Kembali Terima Anugerah KPAI

Pj Bupati HSU Zakly saat menerima penghargaan

Wartaniaga.com, Jakarta-Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali berhasil menerima Anugerah KPAI Tahun 2023. Anugerah KPAI merupakan bentuk apresiasi terha Hbdap komitmen dan inovasi kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan instrumen lainnya dalam perlindungan anak.

Anugerah KPAI Tahun 2023 diterima langsung PJ. Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Zakly Asswan, MM. Di Grand Studio Metro TV Jakarta. Kamis (20/07) .

Pj Bupati HSU, Drs. Zakly Asswan, MM , mengatakan,Kabupaten HSU masuk sebagai kategori pemerintah daerah yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak(PA) tahun 2023.

“Penghargaan KPAI 2023 ini merupakan apresiasi dari KPAI pusat atas capaian Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Perlindungan Anak yang telah dijalanlan dengan baik oleh SKPD dan stekholder terkaot dalam rangka perlindungan anak di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hal ini tentunya patut kita syukuri bersama karena ini merupakan kerja kita bersama dalam memajukan banua yang kita cintai, “ujar Zakly

Menurutnya, sebuah prestasi patutnya sebagai ukuran dari kinerja dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. HSU yang sudah bekerja dengan baik dalam berkerjsama dengan SKPD dan instansi lain dalam capaian SIMEV PA ini tentunya patut kita apresiasi bersama

Perlu diketahui, KPAI lahir atas amanah UU Nomor 35 tahun 2014. Sebelumnya perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak Indonesia yang kemudian melahirkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Kabupaten HSU terpilih dari 420 Kabupaten yang disasar. Salah satunya Kabupaten HSU yang mampu melampaui dari banyaknya Kabupaten lain.
Acara penganugerahan KPAI 2023 dihadiri Ketua KPAI Ai Maryati Sholehah, Mentri Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga, jajaran KPAI Pusat, dan perwakolan pejabat tinggi lainnya.
Penganugerahan KPAI 2023 di buka oleh Wapres RI Ma’ruf amin melalui daring.

Anugerah KPAI yang diadakan setiap tahun sebagai rangkaian peringatan Hari Anak Nasional. Ajang tersebut dihelat untuk memberikan apresiasi kepada berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah pusat/daerah, lembaga masyarakat, tokoh perorangan, hingga instansi penegak hukum terkait upaya-upaya perlindungan anak.

Penghargaan itu diberikan untuk kerja-kerja konkret dan berdampak terhadap perlindungan anak. Penilaian dilakukan mulai dari aspek regulasi, kebijakan, program, anggaran, sumber daya manusia (SDM), hingga aspek layanan kasus perlindungan anak Indonesia. Menurutnya, ajang Anugerah KPAI ini tidak berhenti pada penghargaan, tetapi bertujuan menggugah keterlibatan semua lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam upaya perlindungan anak.

Dalam hal ini, KPAI ingin melihat keseriusan pemerintah pusat dan daerah dalam pengarusutamaan perlindungan anak dari berbagai aspek.Selain itu, KPAI melakukan pengawasan langsung terhadap tokoh atau lembaga masyarakat yang memiliki perhatian terhadap perlindungan anak, termasuk yang diusulkan oleh pemerintah daerah untuk bisa mendapatkan penghargaan.

Aspek perhatian terhadap perlindungan anak dari pemenang penghargaan akan dilihat dari berbagai indikator. Pertama ialah dari segi inovasi yang dilakukan berbagai stakeholder itu. Kedua adalah dari sisi dampak dari inovasi dan program yang dilakukan dalam jangka pendek maupun panjang.Selain itu ialah komitmen berkelanjutan dari kerja-kerja terkait perlindungan anak. Jadi inovasinya berkelanjutan, program-programnya berkelanjutan, kemudian dampaknya akhirnya semakin meluas dirasakan untuk melindungi anak-anak Indonesia.
Dalam acara tersebut Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor juga menerima penghargaan KPAI Tahun 2023 untuk Kategori Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Edhy Darmawan

Pos terkait

banner 468x60