Jelang Tutup Tahun, Serapan APBD Pemkot Banjarmasin Masih 68 Persen

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Tahun 2022 tinggal menghitung hari,m. Jelang tutup tahun ini ternyata penyerapan APBD pada SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin jauh di bawah target.

Memasuki akhir bulan penutupan buku anggaran 2022 penyerapan APBD baru tercapai diangka 68 persen.

Muat Lebih

Apakah target Pemko Banjarmasin yang harus menyerap Rp 2,1 Triliun bisa tercapai dengan sisa waktu yang ada di bulan ini?

Atau pasrah dengan sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) yang bakal kembali sama seperti tahun lalu.

Kepala Badan Administrasi Pembangunan Setdako Banjarmasin, Diyannor menerangkan, setidaknya ada beberapa SKPD yang menjadi perhatian jajarannya.

BACA JUGA:  Dewan Evaluasi Kinerja Pemkot Banjarmasin, Terkait Karhutla

Misalnya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarmasin (DKP3), yang serapan anggarannya dianggap paling rendah.

“Hingga Oktober lalu masih di bawah 50 persen. Hal ini berkaitan dengan pengadaan lahan pertanian berkelanjutan. Tapi mereka masih optimis akhir tahun bisa maksimal,” ucapnya

Selain DKP3, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menurutnya juga tak kalah mencuri perhatian. Yakni masih berkisar di angka 60 persen. Hal ini diketahui berkaitan dengan pencairan sertifikasi guru.

Begitu juga dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Dimana realisasi keuangannya masih di angka 45 persen dan realisasi fisik di angka 78 persen.

Pos terkait