Pemkab HSU Gelar Rakor Siaga Banjir

Wartaniaga.com, Amuntai – Menindaklanjuti instruksi tegas Pelaksana Tugas (Plh) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) tentang tindakan konkret dan nyata terhadap warga terdampak banjir yang terjadi di HSU.

Asisten 1 Bidang Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten HSU, H Amberani SH, MH bersama Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU,Dinas Sosial HSU,Dinas Ketahanan Pangan HSU, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) HSU, dan para Camat serta perwakilan TNI POLRI laksanakan rapat koordinasi, Sabtu,(19/11).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Seluruh jajan terkait berkolaborasi dengan baik terhadap penanganan banjir di HSU,” ucap Amberani.

Ia menjelaskan kesiapsiagaan masing-masing instansi terkait terhadap penanganan banjir berupa evakuasi,tempat evakuasi,pemberian bantuan baik berupa sembako dan pelayanan kesehatan dan langkah langkah pasca banjir seperti pekerjaan fisik berupa perbaikan terhadap fasilitas umum yang rusak akibat banjir.

Sementara itu, Pelaksana tugas(Plt) Kepala BPBD HSU, Sugeng Riyadi mengapresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif masyarakat, pihak Kepolisian,TNI serta instansi terkait yang telah bersedia dan siap siaga bersama BPBD dalam kegiatan penanganan banjir di HSU saat ini.

“Kami menerima laporan dari pihak masyarakat,TNI POLRI,Kecamatan, SKPD terkait kondisi banjir ini , dan kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya,” bebernya.

Ia memaparkan saat ini memang ada beberapa rumah warga, fasilitas umum berupa jalan,tempat ibadah,fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya yang tergenang air. Namun dampak dari itu masih dalam kategori aman dibandingkan dari kondisi banjir pada tahun – tahun kemarin.

Sugeng menambahkan bahwa dengan kegiatan rapat koordinasi ini nantinya akan memudahkan pihaknya untuk melakukan langkah-langkah yang konkret dan nyata dalam penanganan banjir ini.

“Nantinya setelah koordinasi ini kita akan langsung ke lokasi untuk memonitor dan mengiventarisir kondisi banjir agar kita dapat menentukan langkah – langkah apa yang harus dilakukan apakah perlu evakuasi,” imbuhnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60