Suara Hati Perjuangan Sahabat Disabilitas Belum Selesai

  • Whatsapp
ilustrasi

Wartaniaga.com-Istilah difabel dan disabilitas sendiri memiliki makna yang agak berlainan. Difabel (different ability—kemampuan berbeda) didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam menjalankan aktivitas berbeda bila dibandingkan dengan orang-orang kebanyakan, serta belum tentu diartikan sebagai “cacat” atau disabled.

Sementara itu, disabilitas (disability) didefinisikan sebagai seseorang yang belum mampu berakomodasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan disabilitas.

Disabilitas dan diskriminasi
Kebijakan Politik
Kebijakan politik yg tidak berfihak Penyandang Disabilita.Mengharuskan kita di Indonesia melakukan hal hal berikut:
Membuat jaringan yang lebih luas.
Membuat suatu opini, dimana hal itu untuk meyakinkan serta menyentuh kebutuhan langsung mereka.
Menciptakan suatu kebijakan publik yang dapat mengikat kita semua.
Memberikan pesan terhadap semua bahwa Difabel memiliki masalah terutama masalah yang menyangkut kebutuhan yang dirasakan paling mendesak sehingga masalah itu tidak hanya diketahui dan dirasakan oleh para Disabilitas itu sendiri tapi oleh seluruh pihak. Selama ini disamping ketidak pedulian terhadap Disabilitas juga ketidak tahuan bahwa disabilitas memiliki suatu masalah.

BACA JUGA:  7 Penyebab Para Developer Perumahan Boncos Dikemudian Hari

Perlu ditekankan pula bahwa selaku disabilitas yang sedang memperjuangkan hak-hak disabilitas, perlu memperhatikan bahwa sebagian orang yang bisa membuat sesuatu namun tidak tahu apa yang harus dilakukan dimana hal itu disebabkan kurangnya Informasi serta masih adanya disabilitas yang hanya pasrah aja.

Kemudian yang tak kalah perlu diperhatikan adalah perlunya memperhatikan mana yang benar-benar mempejuangkan hak disabilitas sebagai panggilan hatinurani.

Hervita Liana

Hervita Liana

Tujuan dari politik sosial kita adalah adanya aturan yang mengikat walaupun pengusa itu sudah tidak berkuasa lagi sehingga politik sosial kita tidak bertopang pada penguasa yang sedang berkuasa pada saat ini dan perlunya menciptakan kondisiyang demokrasi yang memungkinkan suara kita didengar.

Pos terkait