Pemkab HSS Dekatkan Layanan Hemodialisa ke Daerah Daha

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Memberikan kemudahan terhadap layanan cuci darah atau Hemodialisa bagi masyarakat khususnya di wilayah Daha terus dilakukan pemkab Hulu Sungai Selatan ( HSS). Salah satunya dengan melakukan presentasi syarat yang harus dipenuhi agar Rumah sakit umum daerah (RSUD) Daha Sejahtera mendapatkan rekomendasi layanan cuci darah.

Presentasi tersebut dipimpin langsung oleh kepala Dinas Kesehatan HSS, Siti Zainab bersama jajaran Direktur RSUD Daha Sejahtera Dr.H.M Ridwansyah.

Presentasi tersebut dilakukan di RSUD dr Sutomo Surabaya dilakukan langsung di hadapan pengurus besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Korwil Jawa Timur oleh Dr Pranawa.

Bupati HSS Achmad Fikry yang mengikuti secara virtual dari ruang media center Setda HSS menjelaskan kedatangan rombongan tim presentasi di Surabaya merupakan bentuk keseriusan dan keinginan yang besar dari Pemkab HSS untuk mendapatkan rekomendasi izin.

BACA JUGA:  SDK Libaru Sungkai Menggelar ANBK Mandiri

“Rombongan tim presentasi ke surabaya untuk memprentasikan layanan cuci darah yang akan dilakukan  di RSUD Daha Sejahtera, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan rekomendasi izin layanan cuci darah” kata Bupati Fikry, Kamis (13/1).

Hal yang mendasari, lanjut Bupati keinginan untuk menjadikan RSUD Daha Sejahtera memiliki layanan cuci darah agar pelayanan kepada pasien cuci darah di wilayah Daha lebih dekat.

“Fakta di lapangan ditemukan bahwa pasien cuci darah berasal dari keluarga tidak mampu sehingga jika cuci darah ke Kandangan di RSUD Hasan Basery  biaya yang mereka keluarkan akan sangat besar, karena jarak tempuh Nagar ke Kandangan sejauh 30 Km” ungkapnya.

Seharusnya 2 kali seminggu pasien melakukan cuci darah, namun karena jarak tempuh ke Kandangan yang cukup jauh sehingga dilakukan seminggu sekali saja lanjutnya.

BACA JUGA:  Aplikasi SiOpen Catat Omset Lebih dari Rp 1 Miliar

” Dari situasi inilah pemkab HSS mengambil kebijakan sejak tahun 2019 lalu, pasien cuci darah di derah Daha di angkut ke Kandangan dengan angkutan bus gratis.

“Dari diskusi yang dilakukan dengan berbagai pihak termasuk dengan dokter spesialis maka diputuskan untuk membuka layana cuci darah di RSUD Daha Sejahtera,untuk lebih dekatnya pelayanan” tutupnya.

Reporter : Amutz
Editor : Ahmad Yani

Pos terkait