Berpotensi Kembangkan Pembinaan Olahraga Kemenpora Pilih Kalsel Wadah Sosialisasi Perpres

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin – Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali membuka Sosialisasikan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Banjarmasin.

Menpora mengatakan Kalimantan Selatan menjadi salah satu daerah dalam sosialisasi DBON. Hal tersebut dikarenakan, dalam catatan secara prestasi Kalsel memiliki potensi.

“Kita melihat Kalimantan Selatan ada potensi, sehingga kami pilih untuk sosialisasikan Desain Besar Olahraga Nasional,” ujarnya, Sabtu (18/12/2021).

Menurutnya, landasan diadakannya Perpers Nomor 86 tentang Desai Besar Olahraga Nasional ini dikarenakan adanya kerisauan dari Presiden terkait prestasi olahraga di Indonesia diajang Nasional maupun Internasional.

“Perpres ini tidak muncul tiba-tiba tapi muncul dari kerisauan Presiden. Indonesia yang kaya akan populasi dan memiliki potensi besar tapi prestasi tidak besar. Prestasinya dari tahun ketahun itu-itu saja, artinya ada sesuatu yang salah,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemko Banjarmasin Keluarkan Surat Larangan ASN Gunakan LPG 3 Kg

Oleh karena itu, dengan adanya DBON ini ia berharap panduan terhadap pembinaan olahraga didaerah dapat menguntungkan bagi daerah dan mampu meningkatkan prestasi.

“Kalau selama ini dalam melakukan pembinaan sendiri-sendiri dan dengan adanya perpres ini sangat menguntungkan bagi daerah,” katanya.

Apalagi, Kalimantan Selatan memiliki Perguruan tinggi yang ada jurusan olahraganya juga sudah diuntungkan.

“Kalsel memiliki ULM yang mempunyai jurusan olahraganya sehingga kita jelas targetnya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar sangat meapresiasi dengan adanya Desain Besar Olahraga Nasional ini.

“Dengan adanya DBON ini akan membantu prestasi banua dibidang olahraga,” katanya.

Roy mengatakan dengan adanya sinergitas antar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang akan berkoordinasi tim koordinasi pusat dan tim koordinasi daerah yang menyusun mulai dari target dan potensi di 12 olahraga.

BACA JUGA:  TP PKK Gelar Maulid Nabi, Hj Siti Fatimah Ajak Tegakkan Sunnah Dalam Hidup

“Jadi kita lihat dari storynya, statistik, dan potensinya. Sehingga dukungan anggaran dan stakeholder lainnya untuk pembinaan sampai meraih prestasi sesuai target akan disusun oleh tim koordinasi didaerah,” katanya.

Ia berharap, semoga kedepan target Kalimantan Selatan bisa lebih bagus karena menurutnya sudah terlihat jelas aturan mainnya. Bagaimana mengelola olahraga dari mulai pembinaan sampai dengan prestasi. “Kedepan Kalsel mungkin akan lebih berprestasi lagi,” harapnya.

Adapun, Rektor ULM, Sutarto Hadi menyampaikan, kegiatan sosialisasi DBON yang diikuti oleh insan olahraga adalah kegiatan yang sudah lama dinantikan.

“Desain Besar Olahraga Nasional sudah kita tunggu, karena kita ingin tahu cetak biru olahraga dinegara kita kedepan dengan harapan prestasi olahraga kita meningkat mencapai level tinggi tidak hanya dilevel asia tenggara tapi juga dunia,”pungkasnya.

BACA JUGA:  KONI Kalsel Siap Gelar Musprov 18 Desember 2021

Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait