Transformasi Digital Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Bank Indonesia terus mendorong percepatan transformasi digital melalui implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Hal ini dilakukan untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi paska pandemi covid-19.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Amanlison Sembiring saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021.

Mengangkat tema “Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi” diharapakan menjadi motivasi agar perekonomian bisa pulih kembali.

“Saat ini, telah diterbitkan 14 Surat Keputusan Kepala Daerah tentang pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di tingkat Provinsi/Kota/Kabupaten se-Kalimantan Selatan.”paparnya.

Dia menjelaskan bahwa BI juga memberikan pelatihan perluasan akses pasar secara online, memfasilitasi pendaftaran UMKM sebagai merchant pada marketplace, dan penguatan terhadap kemampuan serta pemahaman UMKM untuk sigap dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen di era digital.

BACA JUGA:  Peduli Korban Banjir, Pertamina Bantu Sembako dan Obat-Obatan

Kasus Covid-19 yang terus melandai dan semakin terkendali mendorong peningkatan kepercayaan masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi. Perekonomian global terus mengalami peningkatan didorong oleh penanganan pandemi yang semakin baik serta keberhasilan vaksinisasi.

Pemulihan rantai pasok dunia dan mendorong permintaan komoditas ekspor utama seperti Batubara, Crude Palm Oil (CPO), dan karet kian membaik. Seiring dengan pemulihan ekonomi, tekanan inflasi diprakirakan meningkat di 2022, namun masih dalam rentang sasaran inflasi nasional di 3±1%.

Pos terkait