TP PKK Berkeinginan Ada Rumah Singgah untuk ODGJ di Balangan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan Hj Sri Huriyati Abdul Hadi berkeingan di Balangan di bangun rumah singgah untuk pasien orang dalam ganguan jiwa (ODGJ) .

Hal ini diungkapkannya saat kembali menangani ODGJ yang telah dipasung beberapa tahun oleh keluarganya didesa Balang Kecamatan Paringin dan Desa Binjai Kecamatan Paringin Selatan, kemarin Selasa (5/10).

Menurutnya, sebelum dikembalikan ke keluarganya, pasien harus benar-benar sembuh dan rumah singgah menjadi salah satu wadah menampung mereka.

“Kita harus memastikan kondisi mentalnya dulu apa kah sudah benar-benar siap atau belum. Dan kita juga bekali dengan keahlian masing-masing. Sekira bisa bekerja, dan pikirannya bisa lebih baik lagi dan lebih sehat,”tuturnya.

BACA JUGA:  Dikdasmen PCM Alabio 1 Berikan Reward Guru Kreatif dan Inovatif

Ia menginginkan ODGJ di Balangan ditangani walaupun tidak sembuh total namun bisa menjadi lebih membaik.

“Walaupun sedikit dan kecil kemungkinan tapi setidaknya kita sudah mengusahakan yang terbaik untuk ODGJ di Balangan,”ujarnya.

Ia juga memprioritaskan kepada ODGJ yakni memanusiakan manusia, dengan membebaskan dari pasungan.

“Rata-rata dari mereka yang di pasungan adalah di karena keluarga sudah mulai bosan dan jenuh dalam hal mengurusnya. Itu adalah salah satu prioritas utama kita dalam hal pembebasan pasungan ini, Maka dari itu kita harus sesegera nya menyikapi dengan sigap,”tambahnya

Ia juga berharap Kedepannya semua dinas terkait lebih serius dan semangat dalam hal penanganan ODGJ, Karena menurutnya penanganan ODGJ perkara yang mudah sehingga dibutuhkan kerjasama yang kuat.

BACA JUGA:  Ketua KKB Berziarah ke makam H Leman dan Minta Doa dari Tokoh Bakumpai KH Asqalani LC

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait