Promosikan Wisata, Pemko Banjarmasin Gelar Bimtek Fotografer

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Meskipun masih dalam masa pandemic Covid-19, namun promosi pariwisata yang ada di Kota Banjarmasin harus terus dipublikasikan melalui media foto dan video.Terkait dengan fotografi untuk mendukung kepariwisataan di kota berjuluk seribu sungai, Pemko Banjarmasin yang dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin menggelar pelatihan khusus fotografi.
Kegiatan pelatihan dalam bentuk Bimtek dan Uji Kompetensi Fotografer itu dilaksanakan di Hotel Summer Banjarmasin.

Terdapat dua peminatan yang dilaksanakan dalam Bimtek tersebut yakni fotografer junior dan pengolah foto digital.

Menariknya, selain mendatangkan narasumber dari fotografer nasional, bagi peserta yang mengikuti Bimtek tersebut juga akan diberikan sertifikat fotografer bila berhasil lulus dalam uji kompetensi yang dilaksanakan dalam bimtek tersebut.

Menurut Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, fotografi merupakan salah satu cabang dari 17 sektor yang masuk dalam kategori industry kreatif.

BACA JUGA:  Wakapolda Kalsel Tutup Taklimat Akhir Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri

Karena itu, kegiatan sertifikasi ini menjadi hal penting mengingat seseorang harus memiliki kompetensi yang jelas ketika betul-betul ingin profesional dalam bidangnya.

“Salah satu nya adalah fotografi. Banyak objek- objek yang bisa diabadikan. Jadi sebuah lensa fotografer bisa menjadi sesuatu yang monumental hanya karena angel yang pas dan juga kompetensi nya,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan tersebut, Selasa (13/07).

Dikatakannya lagi, sudut pandang fotografer ini harus diasah, dan ia berharap kegiatan tersebut ke depannya bisa memberikan ruang terbuka bagi industry kreatif di Bumi Kayuh Baimbai.

“Karena itu konten kreatif,objek data dan lain sebagainya itu adalah kompetensi, itu penting kita terus meningkatkan kompetensi sebagai apapun kita, apalagi di era pandemi covid-19 sehingga orang bisa berpariwisata secara virtual,” katanya.

BACA JUGA:  Lewat Gerakan Subuh, Rumah Zakat Berdayakan Masyarakat

Kadis Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq, mengatakan kegiatan bimtek tersebut sengaja digelar selain untuk menyiapkan SDM juga untuk melatih para wirausaha dalam industry kreatif.

“Kami melihat bahwa kaitan dengan sector pariwisata di kota Banjarmasin, kegiatan bimtek ini memang perlu dilaksanakan pelatihan bersertifikasi untuk kawan kawan fotografer, dan kawan kawan yang berminat dalam bidang fotografi,” ucapnya.

Terkait minta peserta dalam kegiatan tersebut, Ikhsan Alhaq kembali menjelaskan, respon dari fotografer Kota Banjarmasin dan sekitarnya sangat antusias. Bahkan, mengingat situasi pandemic Covid-19, dengan terpaksa panitia membatasi jumlah pesertanya.

“Peserta yang masuk dalam pesertapelatihan ini tidak hanya dari kalangan penggemar ataupun komunitas fotografi, tetapi juga ada dari instansi dari pemerintah kota yang mengutus 5 orang dari Dinas Kominfo dan dari Sub bagian Dokpim, kemudian dari instansi lain dari pemerintahan Selatan ikut juga dari Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan dari Polda Kalsel juga ikut,” terangnya

BACA JUGA:  Haul Guru Sekumpul, DLH Banjarmasin Kirim Mobil Toilet, 5 Mobil Sampah dan 50 Petugas Kebersihan

Pria ramah dan murah senyum ini berharap, kegiatan bimtek tersebut ke depannya dapat berlanjut dalam tahapan-tahapan berikutnya. “Jadi di dalam ilmu fotografi, ini tentu ada dasar, ada juga lanjutan seperti mahir ada profesional. Ini tentunya ada dukungan dari pak Walikota dan segenap jajaran nya untuk kita melakukan sertifikasi fotografi ini,” tandasnya.

Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait