DKP3 Banjarmasin Prediksi Stok Hewan Kurban Tercukupi di Banjarmasin

  • Whatsapp

L

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, pantau lokasi rumah pemotongan hewan (RPH) Basirih.

“Untuk stok sapi yang ada di RPH khususnya untuk Kota Banjarmasin sudah tercukupi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, M Makhmud.

Makhmud mengatakan tambahan hewan kurban untuk Kota Banjarmasin juga akan kembali di datangkan dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pekan depan.

Ia juga memastikan kebutuhan hewan kurban di Kota Banjarmasin tercukupi. Kesehatan hewan kurban serta lingkungan RPH akan terus dipantau.” Walaupun ada terjadi limbah kami akan atasi,” ujar dia.

BACA JUGA:  Walau Berada di Ujung Pegunungan Bumi Tala, Warga Riam Adungan Tetap Semangat Salurkan Bantuan

Untuk melakukan itu semua pihaknya akan membentuk tim kesehatan hewan untuk memonitor jelang H-1, H+1, sampai hari H.

selain di RPH Basirih, tim kesehatan hewan yang dibentuk juga akan memantau tempat pemotongan hewan lain diluar RPH.

Dibanding tahun sebelumnya, persediaan hewan kurban pada tahun ini meningkat, hal ini dikarenakan Jemaah haji yang seharusnya berkurban di tanah suci dialihkan ke Kota Banjarmasin, sehingga terjadi peningkatan masyarakat yang berkurban.

“Jumlah tahun ini kita siapkan 2000 ekor sapi, di RPH ada 600, selebihnya di luar di Kota Banjarmasin juga,” pungkas dia.

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait