Aplikasi Gides Mudahkan Masyarakat Awasi Kinerja Pemerintah Desa

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Tanah Bumbu- Aplikasi Digital Desa (Gides) dipercaya dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang kinerja Pemerintah Desa yang lebih transparan.

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin mengatakan aplikasi Gides memiliki tiga informasi utama dalam pemerintahan desa.

“Pertama terkait penyelengaraan pemerintahan desa. Kedua tentang pelaksanaan pembangunan desa. Ketiga berisikan informasi pembinaan kemasyarakatan desa,” beber Bang Dhin sapaan akrabnya.

Ia mengatakan aplikasi Gibes juga untuk melakukan promosi hasil UMKM yang langsung bisa pemesanan produk masyarakat Desa Wisata Desa.

Keberadaan aplikasi ini akan mendorong hadirnya tata kelola pemerintahan yang baik di tingkat pemerintah desa.

Sebab, masyarakat desa bisa mengakses kapan saja terkait progress kinerja aparatur dan bisa mengawasi penggunaan dana desa.

BACA JUGA:  Bupati Kotabaru Serahkan Bantuan Korban Banjir

Tidak mudah bagi Bang Dhin untuk mengembangkan aplikasi digital desa. Upaya yang dilakukan pun sempat dipandang remeh sebagian kalangan. Bahkan ada yang beranggapan program cari panggung.

“Ada yang suka atau tidak senang dengan sebuah inovasi. Apalagi, inovasi digital ini memaksa pemerintah desa lebih transparan dan meningkatkan kinerjanya,” paparnya.

Adapum Bang Dhin secara resmi membantu tiga desa di Kabupaten Tanah Bumbu dalam bentuk aplikasi digital. Tiga desa tersebut adalah Desa Pacakan, Pulau Burung dan Binawara.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Burung, Saidina menyampaikan apresiasi atas inisiatif Bang Dhin menghibahkan program aplikasi digital desa untuk mereka.

“Kami optimis aplikasi digital ini bisa mendorong kami lebih meningkat kinerjanya dan akhirnya berdampak terhadap kemajuan desa serta kesejahteraan masyarakat,” singkatnya.

BACA JUGA:  Bupati dan Wabup HSS Saksikan Pengukuran Arah  Kiblat  Masjid Islamic Center

 

Editor : Aditya

Pos terkait