BI Selenggarakan Pameran UMKM Karya Kreatif Banua

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru-Bank Indonesia kantor perwakilan Kalimantan Selatan ( Kalsel) menyelenggarakan paneran UMKM Karya Kreatif Banua. Kegiatan dimaksudkan guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia “Kilau Digital Permata Flobamora” di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kepala kantor BI Kalsel, Amanlinson Sambiring menyebut perlu dukungan berbagai stakeholders terhadap sektor UMKM sangat penting terutama disaat ini, dimana situasi pandemi masih belum usai. Sektor UMKM dinilai sangat strategis bagi perekonomian nasional. Data terakhir dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) pada tahun 2018 Indonesia memiliki 64.1 juta usaha atau sekitar 99.99 % dari total pelaku usaha di Indonesia. Sektor ini menyerap tenaga kerja yang luas yaitu sekitar 117 juta tenaga kerja dan berkonstribusi terhadap 61.07% dari Produk Domestik Bruto.

BACA JUGA:  Persemaian Permanen BPTH Distribusikan Bibit

“Pertimbangannya UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi dan mampu menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian kita,”ujarnya di Gedung Auditorium KH Ideham Chalid Banjarbaru, Jum’at 18/6).

Amanlison mengatakan bahwa BI memiliki berbagai program kerja dalam mengembangkan UMKM a.l peningkatan akses keuangan, program pengembangan UMKM naik kelas, onboarding UMKM, hingga memfasilitasi pemasaran dalam dan luar negeri.

Berperan sebagai co-host kegiatan GBBI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ikut menyemarakkan kegiatan GBBI dengan membuka pameran UMKM di komplek perkantoran Gubernur Provinsi Kalsel dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara KPwBI Provinsi Kalsel dengan Universitas Lambung Mangkurat terkait program pemberdayaan mahasiswa dalam pendampingan penyusunan pencatatan laporan keuangan UMKM, sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan akses pembiayaan dan pengembangan manajemen keuangan UMKM.

BACA JUGA:  Ada 50 Titik Pasar Murah se Kalsel Hingga Jelang Idul Fitri 1439 H

Selain pameran kegiatan ini dirangkai dengan capacity building berupa peningkatan literasi keuangan dan sosialisasi program ekspor dengan menggandeng Shopee International Indonesia sebagai narasumber.

“Kami berharap kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan berbagai stakeholder terkait lainnya dapat memberikan manfaat bagi kemajuan UMKM dan perekonomian daerah Kalimantan Selatan,”tutup Amanlison.

Hadir dalam acara tersebut Pj Gubernur Kalsel Dr Safrizal ZA, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional IX Riza Aulia Ibrahim, Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi Msi Msc, Kepala SKPD, Ketua Deskranasda, Pimpinan Wilayah Perbankan, Pelaku UMKM Kalimantan Selatan dan para undangan.

Reporter : Edi Dharmawan
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait