PPIDPM, Upaya Modernisasi UMKM dan Pengelolaan Keuangan Negara

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Pelaihari – Program Percepatan Implementasi Digital Payment Marketplace ( PPIDPM ) di Wilayah Kabupaten Tanah Laut, sebagai Upaya Memaksimalkan Modernisasi UMKM dan Pengelolaan Keuangan Negara Sehubungan dengan upaya mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital sesuai arah kebijakan APBN Tahun 2021.

Salah satu kegiatan yang dikembangkan oleh pemerintah adalah implementasi program Digital Payment – Market Place sebagai salah satu system pembayaran pada Belanja Pemerintah. Hal tersebut dimaksudkan guna mendorong efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara, serta memberdayakan vendor yang sebagian besar merupakan UMKM.

Kepala KPPN Pelaihari Woro Triwening Renggani menuturkan, dalam rangka Implementasi Program Digital Payment pada wilayah Kabupaten Tanah Laut, KPPN Pelaihari telah melaksanakan berbagai upaya antara lain Sosialisasi Implementasi Program Digital Payment – Market Place Belanja Pemerintah kepada seluruh Satker mitra kerja, dan memanfaatkan forum komunikasi dan koordinasi yang intensif antara Satker, KPPN Pelaihari dan pihak bank.

BACA JUGA:  Akhir Masa Jabatan, Bupati Balangan Letakan Batu Pertama Pembangunan Langgar Al Muhajirin

Selain itu KPPN Pelaihari juga berupaya menghimpun data vendor potensial yang akan menjadi mitra pengadaan barang/jasa masing-masing Satker melalui program Digital Payment tersebut.

KPPN Pelaihari juga telah memberikan fasilitasi dan melaksanakan kegiatan Bimtek bersama Bank Mandiri (Digipay 008) dan Bank BRI (Digipay 002) dengan Satker mitra masing-masing bank.

Bahkan KPPN Pelaihari juga bekerja sama dengan mengundang KPPN Singaraja sebagai narasumber untuk membagikan pengalaman keberhasilan implementasi Digital Payment (Digipay) di lingkungan KPPN Singaraja dalam acara bertajuk Sharing Experience Implementasi Program Digital Payment – Marketplace Belanja Pemerintah.

Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 19 April 2021 tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara live melalui Youtube channel KPPN Pelaihari. Sungguh luar biasa pengalaman KPPN Pelaihari dalam menyelenggarakan acara online dengan partisipan zoom meeting mencapai 100 (seratus) partisipan dan Youtube Live tercatat 138 viewer diantaranya adalah pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Pelaihari, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, KPPN Lingkup Kalimantan Selatan dan beberapa dari luar Kalimantan.

L

Pos terkait