Program Listrik Tenaga Surya Terangi Desa di Kabupaten Tala

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Ratusan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ( PJU – TS ) sudah mulai menerangi beberapa Desa di Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Menurut Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Suprastowo terpasangnya ratusan lampu PJU – TS di Kabupaten Tala tersebut tak lepas dari hasil perjuangan para wakil rakyat dari Fraksi PDI P di DPR RI dan DPRD Kalsel untuk Bumi Tuntung Pandang.

Dikatakanya Program Indonesia terang melalui PJU-TS sudah dijalankan sejak 2018 hingga sekarang.

” Program yang diluncurkan Presiden RI Jokowi ini menjadi solusi untuk jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau penerangan listrik maupun pada daerah-daerah yang telah dialiri jaringan PLN,” katanya, Minggu (7/2).

BACA JUGA:  Dorong Industri Kecil Menuju Revolusi Industri 4.0

Program pemerintah ini menjadi terobosan ramah lingkungan, sekaligus upaya pengembangan energi baru dan konservasi energi.

” Untuk Kabupaten Tala sebelumnya ada 150 titik lokasi pemasangan yang di usulkan oleh dr H Sulaiman Umar dan Safruddin H Maming, selanjutnya ada tambahan 50 titik lagi yang di sampaikan melalui Bupati Tanah Laut H Sukamta, ” jelas Ketua Komisi II DPRD Kalsel ini

Lebih lanjut, sambung Imam 150 titik PJU – TS di Tala tersebut tersebar di beberapa lokasi, yakni Kelurahan Karang Taruna 15 titik, Desa Sumber Mulya 15 titik, Desa Bumi Jaya 10 titik, Desa Tampang 10 titik, Desa Batu Mulya 20 titik, Desa Kait-Kait 15 titik, Desa Sabuhur 15 titik, Desa Sumber Makmur 20 titik, Desa Telaga Langsat 15 titik dan Gunung Makmur 15 titik.

BACA JUGA:  Terus Berinovasi, PD PAL Produksi Air Bersih

” Sedangkan 50 PJU – TS usulan dari Bupati Tanah Laut H Sukamta masih menunggu konfirmasi dari beliau mengenai titik lokasi penempatannya,” pungkasnya.

 

Reporter : Tony Widodo
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait