Suripno Sumas Sarankan Pemda Sediakan Perahu Karet

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) meminta pemerintah daerah (Pemda) menyiapkan perahu karet di setiap kawasan terdampak banjir Kalsel.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memudahkan proses evakuasi masyarakat yang terdampak banjir Kalsel.

Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, H Suripno Sumas, mengatakan pemerintah daerah menyediakan perahu karet disetiap kawasan terdampak banjir untuk membantu evakuasi warga.

“Setelah melihat langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir, kebanyakan tidak mendapatkan bantuan evakuasi banjir karena kurangnya perahu karet maupun lainnya,” ucapnya, Rabu (20/1).

Ia mengatakan kondisi masyarakat ditempat penampungan, ternyata tidak bisa ditampung sehingga mereka berada dipemukiman masing-masing.

BACA JUGA:  Senkom Mitra Polri Kalsel Pelopori Tertib Protokol Kesehatan

“Transportasi masyarakat sangat terganggu, tinggi airnya rata-rata diatas lutut orang dewasa,” ujarnya

Oleh karena itu, alangkah baiknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui anggaran dana BTT membeli perahu karet yang dipinjam pakaikan kepada masyarakat yang tidak terjangkau dalam penampungan. Sehingga bisa dijadikan sarana transportasi mendistribusikan konsumsi oleh donatur.

“Selama ini kita hanya memberikan yang bisa terjangkau, sedangkan yang tidak terjangkau tidak bisa dibantu,”bebernya.

Komisi I DPRD Kalsel yang juga mitra BPBD Kalsel, menyarankan agar segera turun kelapangan terutama meminjam pakaikan perahu karet tersebut kepada warga terdampak banjir.

Sementara itu, Warga Komplek Darma Bakti V Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Tmur, Gusti Noor Tanjung mengatakan selain bantuan sembako,juga memerlukan bantuan perahu karet untuk pendistribusian makanan siap saji yang akan dibagikan kepada warganya.

BACA JUGA:  Garuda Indonesia Mendisplinkan Protokol Kesehatan

” Selama ini di daerahnya belum mendapat bantuan perahu karet, kalau bisa pemerintah bisa meminjamkan perahu karetnya,” imbuhnya.

Reporter : Aditya

Pos terkait