494 Ribu Rokok Ilegal Disita Bea Cukai

  • Whatsapp
rokok

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Ratusan ribu rokok tanpa cukai berhasil diamankan Bea Cukai Kalbagsel dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan di lingkungan Kalimantan Bagian Selatan.

Rokok ilegal itu disita dari beberapa daerah Kalsel dan Kalteng melalui ‘Operasi Gempur Rokok Ilegal’ yang dilakukan serentak oleh Bea Cukai di seluruh Indonesia dari tanggal 18 November hingga 14 Desember 2019.

ribuan rokok disita

Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalbagsel, HB. Wicaksono mengatakan, operasi bertujuan Untuk menekan peredaran rokok ilegal menuju target 3% di tahun 2019. Itu juga dikatakannya, peredaran rokok ilegal tanpa pita cuka di Wilayah bagian selatan kian meluas sehingga banyak terjadi kerugian negara.

Daerah itu meliputi Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Bumbu, Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Barito, dan Pulang Pisau.

BACA JUGA:  Gelar Sidak, Harga Sembako di Banjarmasin Tak Stabil

Terhitung sepanjang Operasi Gempur Rokok Ilegal ini, Kanwil DJBC Kalbagsel telah menerbitkan 66 Surat Bukti Penindakan dengan total BKCHT ilegal sebanyak 494.008 batang dengan perkiraan kerugian negara mencapai Rp 189.481.060,00.

“Kami akan terus mengawasi dan menindak BKC ilegal di wilayah NKRI “, tegas Kepala Seksi Penindakan I, Rusdianto, Kamis (19/12) siang.rokok 2

Senada juga dilontarkan oleh Kepala Seksi Penindakan II, Fredy Sabto Nusanggono, yang mengungkapkan bahwa dengan adanya operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan kerugian yang ditimbulkan dari beredarnya rokok ilegal.

“Hasil penindakan didominasi oleh rokok polos, yaitu rokok tanpa dilekati pita cukai, yang artinya pengusaha rokok tersebut tidak membayar cukai yang seharusnya dibayar,” ujar Fredy.

BACA JUGA:  BI Siapkan Rp 2,7 Triliun Hadapi Lebaran

Menurutnya penindakan tersebut dilakukan untuk memberi kepastian hukum, bahwa yang salah harus ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

Ia menjelaskan salah satu fungsi lain yang dijalankan DJBC adalah melindungi industri tertentu di dalam negeri dari persaingan yang tidak sehat sekaligus mengamankan penerimaan negara.

Bea Cukai Kalbagsel juga menghimbau kepada masyarakat agar membantu memberantas peredaran rokok ilegal dengan melaporkannya apabila menemukan atau melihat rokok dengan ciri-ciri rokok ilegal.

“Cirinya yaitu tidak memiliki pita cukai, menggunakan pita cukai palsu, menggunakan pita cukai bekas dan pita cukai berbeda, jika menemukan rokok dengan ciri tersebut segera hunungi 1500225 atau langsung melaporkannya ke Kantor Bea Cukai terdekat,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Stok Nasional Menipis Jadi Penyebab Harga Gula Naik

Reporter : Zakiri
Editor : Hamdani
Foto : Zakiri/Ist

Pos terkait