Loading...
7 views

Bupati Tala Apresiasi Penangkaran Bawang Merah

Wartaniaga.Com, Pelaihari – Potensi Kabupaten Tanah Laut dalam bidang pertanian sangat besar, karena daerah ini sangat didukung oleh kondisi alam, iklim dan para petaninya, sebagaimana diungkapkan oleh Bupati H. Sukamta , Rabu (10/7) di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari.

H.Sukamta saat hadiri acara syukuran panen penangkaran bawang merah mengatakan selamat dan apresiasi kepada kelompok tani Jaya Makmur yang bisa memanen bawang merah untuk bibit yang akan kita kembangkan, ujar Bupati bawang merah belum di produksi di Kalsel, namun kalau kita budidayakan dengan baik maka pangsa pasarnya sangat besar dan terbuka, jelasnya

Petani sudah harus mulai meningkatkan berbagai jenis tanaman hortikultura yang selama ini di datangkan dari luar pulau, ujar Sukamta dengan berbagai teknologi pertanian yang selalu berkembang tidak menutup kemungkinan Kalimantan Selatan terutama Tanah Laut akan menjadi penyuplai produksi pertanian.

BACA JUGA:  Dari Offroad, Gepak Kalsel Dukung HM Riza Pada Suksesi Pilkada Balangan 2020

Saya juga menghimbau kepada perangkat desa agar penggunaan dana desa jangan hanya di anggarkan buat jalan atau selokan, tapi juga di pergunakan untuk keperluan pertanian sehingga bisa memberi daya dorong peningkatan masyarakat ” tutur Sukamta

Kepala Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan ( DISTANHORBUN ) Tanah Laut Ir. Akhmad Mustahdi kepada Wartaniaga.com mengatakan ” Hasil Panen penangkaran ini adalah bibit pengembangan untuk musim tanam berikutnya, para petani sudah di beri pembekalan secara tekhnis budidaya mengenai pengembangan bawang, karena pembudidayaan bawang agak berbeda dengan komoditas lain, tingkat resiko ke gagalan sangat tinggi, untuk satu hektar di perlukan 800 kg bibit dengan masa tanam 70 hari.

BACA JUGA:  Bupati Pimpin Bersihkan Pasar Kemakmuran
Loading...

Untuk menopang petani dalam menanam DISTANHORBUN menyiapkan mesin pompa air yang bisa di pinjam pakai oleh petani dan kelompok tani. Selain itu DISTANHORBUN akan berjuang untuk pengembangan bawang, karena Tanah Laut sangat berpotensi di tambah dukungan yang sangat luar biasa dari pemerintah daerah ” tutup Mustahdi.

Dalam kesempatan acara syukuran ini juga ditanda dengan penyerahan 5 jenis bantuan kepada petani ;

1. Penyerahan bantuan bibit umbi bawang merah, 2. Penyerahan bantuan bibit biji bawang merah, 3. Penyerahan bantuan bangsal pasca panen cabai dan sepeda motor roda tiga, 4. Penyerahan bibit pisang kapok, 5. Penyerahan bibit aneka cabai.

Reporter : Tony Widodo

BACA JUGA:  Lantik 37 Pejabat, Said Inginkan Pejabat Miliki Wawasan Luas

Editor : Y Erwanda

Foto : Tony Widodo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *