Pengumpulan Dana Baznas Kalsel Selalu Lampaui Target

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan menargetkan pengumpulan dana pada tahun 2019 ini mengalami peningkatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Ketua Baznas Kalsel, Pangeran H Gusti Rusdi Effendi saat   Malam Anugerah Baznas Kalsel 2019, Sabtu malam (16/3) di Ballroom Hotel Best Western Kindai Banjarmasin.

Menurutnya, Baznas Kalsel selalu melebih target dalam pengumpulan dana zakat  sejak 2 tahun terakhir. “ Pada tahun 2017 terget kitaRp 2 miliar terealisasi Rp 2,5 miliar dan tahun 2018 diterget  Rp 4 miliar tercapai Rp 4,3 m” jelasnya.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Bank Indonesia : Perekonomian Kalsel Terus Tumbuh

Sedangkan untuk tahun 2019 ini, sambung Rusdi pihaknya mematok target sebesar Rp 6 miliar dan baru berjalan 3 bulan dana yang terkumpul sudah diangka Rp 3 miliar lebih. “ Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak terlebih lagi Pemprov Kalsel di bawah kepemimpinan Gubernur H Sahbirin Noor” ujarnya.

Ditambahkannya, secara nasional pengumpulan Zakat juga tumbuh rata-rata sampai 24 persen pertahun. Kondisi inilah yang mebuat Baznas optimis pencapaian di tahun ini dapat melebih target seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, disisi penyaluran ujar Rusdi, Baznas Kalsel rata-rata pertahun mencapai 90 persen lebih. “ Tahun 2017 tersalurkan 93,5 persen, tahun 2018 terdistribusikan sebanyak 97 persen guna membantu mustahik  dibidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan” kata wartawan senior ini.

BACA JUGA:  Ibukota Baru Bukan Prioritas Utama Perekonomian Indonesia

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makie yang mewaikili Gubernul Kalsel, H Sahbirin Noor menerima penghargaan sebagai  Anugerah Baznas kategori Muzzaki Prima, mengatakan ini adalah contoh yang patut ditiru.

“ Apa yang dilakukan gubernur kita patut  menjadi contoh bagi yang lain, menyalurkan zakat melalui Baznas sebagai bentuk dukungan dan tanggung jawab terhdap agama” ucapnya.

Dirinya berharap potensi zakat ini benar-benar menjadi kebangkitan ekonomi ummat, oleh karena itu bagi mereka yang mampu hendaknya menyalurkan zakatnya melalui badan amil seperti Baznas. “ Pemerintah sangat mendukung, bahkan seluruh ASN dilingkungan Pemprov Kalsel sudah dihimbau untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas” jelas Haris.

Reporter : Fathur Rahman

BACA JUGA:  Partai Hanura Buka Pendaftaran Bacada di 3 Wilayah

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

Pos terkait