‘Ngadu’, Belasan PKL Ngumpul di Kantor Wali Kota

  • Whatsapp
'Ngadu', Belasan PKL Ngumpul di Kantor Wali Kota

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Belasan pedagang kaki lima (Pkl) yang biasa berjualan di Siring Tendean ramai-ramai ke Balai Kota Banjarmasin. Mereka menuntut keadilan soal peraturan yang melarang Pkl berjualan di Siring, kecuali sudah masuk anggota Banjarmasin Street Food (BSF), Senin (7/10).

Nisa salah satunya, Pkl es sirup ini berharap bisa berjualan di Siring, tanpa harus kucing-kucingan bersama Satpol PP. Sebenarnya, Nisa mengakui, ia dan rekannya boleh saja berjualan disana asal mau bergabung ke paguyuban BSF dan membayar stan sebesar Rp 250 ribu.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Ironis, Banjarmasin PPKM tapi Vaksinasi Bergerombol

“Bayar Rp 250 ribu itu kami tidak sanggup, karena pendapatan kami saja tidak mencukupi,” katanya di Balai Kota Banjarmasin.

Senada juga dikatakan Ramlah pedagang gula gait, ia ingin pemerintah memberikan solusi agar diberi keringanan bisa berdagang dilokasi wisata tersebut.

“Kami hanya minta bagaimana bisa berjualan disana tanpa bayar dan tanpa gabung BSF,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Banjarmasin, Hermansyah Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin, Hermansyah, mengatakan salah satu cara mereka harus masuk dalam BSF agar bisa berjualan dan tidak mengganggu pejalan kaki.

“Kami sudah kodinasikan kepada ketua PKL agar mereka masuk saja ke BSF,” jelasnya.

BACA JUGA:  Showroom Motor Tua di Banjarmasin Laris Manis

Dirinya memahami memang mereka ada kendala dari pihak PKL dikarenakan mereka harus membayar iuran setiap minggunya untuk pihak kebersihan, keamanan, dan lain-lain.

“Mereka inikan sudah terbiasa di tempat yang gratis,” jelasnya.

Adapun Satpol PP Kota Banjarmasin selama juga melaksanakan tugas atas instruksi Pemerintah untuk menertibkan PKL agar tidak mengganggu kenyaman pejalan kaki serta kebersihan wilayah Siring Menara Pandang.

“Kami memasang pengaman tali agar tidak ada PKL yang berjualan di jalur siring dan itu sangat berhasil saat ada petugas jaga, disaat jam petugas berakhir mereka kembali berjualan,” paparnya.

Ia mengharapkan para PKL yang dulu berjualan di sekitar Siring Menara Pandang agar bergabung saja dengan BSF, sehingga mereka dapat berjualan dengan nyaman dan mendapatkan penghasilan yang sesuai.

BACA JUGA:  Samosir Prihatin Rusaknya Beberapa Fasilitas Umum

Editor / Foto : Hamdani

L

Pos terkait