Kendalikan Inflasi, Bank Indonesia Kembangkan RPL

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarbaru – Terobosan baru dilakukan Bank Indonesia perwakilan Kalsel, guna mengendalikan tingkat inflasi lembaga ini mengembangkan Rumah Pangan Lestari (RPL). Pengembangan program ini guna menyeimbangkan antara permintaan dan ketersedian yang kerap kali menjadi penyebab inflasi. Demikian dikatakan Kepala Kantor  Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Herawanto saat panen perdana RPL Bumi Tangi, di Banjarbaru, Kamis (20/12).

Dikatakanya,  RPL merupakan implementasi rekomendasi pengendalian inflasi dari Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID)  yang dimasukan dalam Roadmap Pengendalian Inflasi Tahun 2015-2018 dengan tagline ”Kita Kendalikan Inflasi melalui RPL”.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Penyangga IKN, Kalsel Tingkatkan Perekonomian Lewat Sektor Pangan

Menggunakan lahan miliknya sendiri, Bank Indonesia menanam berbagai sayuran seperti tomat, cabai, dan sawi  dan mengembangkan ikan lele di kolam terpal.  “ Kami menginisiasi program ini yaitu lahan ini adalah lahan produktif tetapi belum dioptimalkan. Selanjutnya, komoditas yang kami tanam adalah komoditas sayur yang menjadi konsumsi pokok sehari-hari ” ujarnya.

Menariknya, program RPL Bumi Tangi ini bukan hanya pemanfaatan lahan namun juga pemberdayaan karyawan outsourcing yang bertindak sebagai pengelola. “ Kami lakukan pembinaan teknis untuk para messenger, satpam, pengemudi, dan cleaning service agar mampu mengelola RPL ini dengan baik” katanya.

Dengan demikian, sambung Herawanto  selain aspek pemenuhan kebutuhan pangan dan menunjang upaya pengendalian inflasi, RPL ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah ekonomi, melalui konsumsi pribadi ataupun dijual, bagi para pengelolanya.

BACA JUGA:  Ini Jadwal Penukaran Uang Gratis di Banjarmasin

Diungkapkannya, RPL tidak sekedar memanfaatkan lahan tidur di pekarangan sekitar rumah, namun juga memberdayakan lahan milik instansi dan korporasi. Bukan hanya membudidayakan tanaman sayur-sayuran, namun juga ikan dan ternak yang dibutuhkan untuk konsumsi sehari-hari.

“ Kami juga mengajak instansi lain dengan menyelenggarakan pelatihan budidaya tanaman dalam polybag dan hidroponik kepada PKK dan pesantren selama 2 hari agar mereka juga dapat memanfaatkan lingkungan masing-masing” ucapnya.

Menurutnya, RPL ini merupakan salah satu bentuk  nyata dukungan pihaknya  terhadap pelaksanaan slogan Gubernur Kalsel dalam rangka membuat perekonomian Kalsel terus ’’BERGERAK”.

“ Penanaman awal di September lalu dan hari ini kita melakukan panen, program ini salah satu bentuk dukungan BI terhadap program pemprov Kalsel yang terus berupaya mengembangkan perekonomian daerah” tandasnya.

BACA JUGA:  Gubernur Himbau Masyarakat Cegah Kebarkaran Hutan

Release Bank Indonesia

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Bank Indonesia

 

 

L

Pos terkait