Memaknai Peran Ibu Sebagai Pejuang Kesehatan Gizi Keluarga

  • Whatsapp

 

Wartaniaga.com– Tidak dipungkiri kita dilahirkan dari rahim seorang ibu, ingat itu ! Seorang ibu adalah  sosok hebat di dalam keluarga. Ibu itu bisa menjadi apa saja di dalam sebuah keluarga. Peran ibu di dalam keluarga memang sangat besar. Ia dapat mengayomi, mendidik, dan mengajarkan berbagai hal kepada anak-anaknya. Bahkan, ibu juga bisa menjadi seseorang yang menjembatani komunikasi keluarga, misalnya komunikasi antara ayah dan anaknya. Seperti yang kita ketahui, ibu memiliki peran keluarga yang cukup besar.

Muat Lebih

Nah, apa saja sih sebenarnya peran yang bisa dilakukan oleh seorang ibu dalam sebuah keluarga?

 

WAHYU HARDI PRASETIYO,SSTG,MPH,RD

Kepala Manajer untuk mengatur  urusan rumah tangga.

Sebuah keluarga tentu membutuhkan seseorang yang dapat mengatur segala kebutuhan rumah tangga. Jika ayah memiliki peran keluarga sebagai pencari nafkah diluar ruang, ibu bertugas mengelola keuangan keluarga. Dengan kata lain, ibu bisa menjadi manajer yang handal untuk mengatur segala kebutuhan anak-anak, suami, maupun dirinya sendiri.

BACA JUGA:  KSPSI Tegas Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Panutan/guru yang mendidik anak-anak

Terlepas seorang ibu memiliki profesi sebagai eksekutif ,wanita karier atau ibu rumah tangga, sosok ibu dapat menjadi guru yang terampil dalam mendidik anak-anaknya. Bukan sekedar mengajarkan materi pelajaran di sekolah saja, ibu juga berperan penting dalam membentuk karakter dan perilaku anak. Ibu juga dapat menjadi guru yang mengajarkan hal-hal yang baik atau hal buruk yang harus dihindari selama berada dirumah

 

Perencana kebutuhan gizi baik, yang menyediakan makanan keluarga

Tidak ada koki yang lebih hebat dari seorang ibu. Beliau dapat menyiapkan perencanaan pembelian bahan makanan ,mengolah,memasak,menyajikan makanan keluarga dengan secukupnya. Dari makan pagi hingga makan malam yang lengkap akan gizi seimbang ,aman,higienes untuk keluarganya. Memikirkan menu makanan setiap hari ternyata tidak mudah, lho. Ibu merupakan seorang perencana/koki terbaik yang berusaha menyajikan makanan enak dan bergizi tetapi juga variatif agar keluarganya tidak bosan saat menyantap masakannya.

BACA JUGA:  Gubernur Sahbirin Ajak Ratusan Lansia Berolahraga

Segala urusan kesehatan, mengunjungi pos yandu, pudkesmas,rs,menghadiri ceramah,saat anak keluhan sakit,ibu yg cepat tanggap. Sebagai pemerhati kesehatan gizi keluarga yang optimal.

Motivator dalam keluarga

Bukan hanya sekedar menyiapkan makanan berkualitas saja.saat sedang duduk santai bersama keluarga, ibu juga bisa menjadi motivator terbaik yang menyemangati anggota keluarganya. Beliau juga menjadi supporter setia untuk mendukung suami dan anak-anaknya dalam mewujudkan impian. Ketika ada salah satu anggota keluarga yang menyerah, ibu adalah orang yang pertama membangkitkan semangat dan memotivasi keluarganya agar tidak gampang menyerah.

Tenaga kesehatan sekaligus  seperti seorang Dokter.

Ketika anak sedang mengeluh, sedang sakit, ibu  Bahkan  mampu memilihkan obat terbaik atau membuat obat tradisional sendiri. Jadi, boleh dibilang peran ibu dalam keluarga bisa menjadi perawat/t tenaga kesehatan siap 24 jam bak sekaligus seperti dokter.

Semua yang dilakukan ibu agar keluarga sehat,hingga anak anaknya terutama yang punya balita tidak ingin gizinya kurang dan Stunting. Selalu ibu perhatikan makan anak anaknya dengan baik. Ibu ingin anaknya sehat cerdas dan berperan jika besar.tidak sakit sakitan.

BACA JUGA:  Hermansyah Nahkodai Pekat Kalsel

Hadirnya ibu di acara edukasi kesehatan,sering menjadi punggung informasi keluarga yang diterapkan ibu dirumah dalam menangani kesehatan secara baik.

Nah,peran ibu

Masih banyak peran seorang ibu  dalam sebuah keluarga. Ibu memang merupakan sosok yang hebat untuk melengkapi peran keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai ungkapan terima kasih atas peranan yang sudah dijalani ibu selama ini, sudahkah Anda mengungkapkan rasa sayang Anda kepada ibu atau wanita yang telah menjadi ibu bagi anak-anak Anda? Selamat hari ibu semoga ibu diberikan panjang umur dan sehat selalu jangan kau lukai hati ibu karena ada ibu. Anda. Ada,S selamat hari ibu.semoga ibu selalu sehat dan mendapat pahala yang tak terhingga dari Allah SWT.Aamiin YRA.

Penulis :

WAHYU HARDI PRASETIYO,SSTG,MPH,RD/Dietesien RSUD ULIN BANJARMASIN

KONSULTAN GIZI – DIETESIEN-KULINERY RS SARI MULIA(PRAKTEK) BANJARMASIN

Penasehat APJI DPC BANJARMASIN

ANGGOTA PCPI DPD KALSEL

 

Pos terkait