Kota Banjarmasin membutuhkan Cold Storage

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Pemko Banjarmasin sudah saatnya memiliki Cold storage atau ruangan pendingin yang berukuran besar. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten Bidang Ekonomi Pemko Banjarmasin, Hamdi.

Menurutnya, tujuan adanya cold storage  untuk menyimpan cadangan bahan makanan, khususnya bahan sayur-sayuran dan daging-dagingan atau bahan makanan yang cepat busuk. Guna mewaspadai kejadian gangguan suplai bahan bahan tersebut.

Muat Lebih

“Misalnya saja ada terkendala pengiriman atau juga masalah alam dimana para petani mengalami gagal panen. Nah adanya cool storage sangat bermanfaat karena sudah ada cadangan untuk beberapa waktu,” katanya di Balaikota Banjarmasin.

BACA JUGA:  Bank Indonesia Kalsel Miliki Pimpinan Baru

Untuk lahannya, lanjut Hamdi, Pemko Banjarmasin sudah menyediakan di Lingkar Selatan, luasan plotnya sekitar 5 hektare.

“Kepada Pemprov Kalsel hal ini sudah dibicarakan dan Pemprov meminta lahan di Lingkar Selatan itu dihibahkan ke Pemprov. Bagi saya asalkan itu untuk kepentingan masyarakat dan ingin membangun cold storage mengapa tidak,” katanya.

Soal biaya, kata Hamdi, tentu sangat besar dan ini harus meminta dana dari Kementrian Pusat dan juga Pemprov.

“Banjarmasin harus memiliki benda itu, karena untuk kepentingan cadangan makanan. Selama ini cold storage di Banjarmasin hanya dimiliki pihak swasta, itu pun ukurannya masih kecil. Sementara di Kota lain misalnya Surabaya sudah memiliki benda pendingan besar ini,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ditetapkan Rp2,8 Juta, UMP Kalsel Naik 8,51%

Repoter : Hamdani

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Hamdani

L

Pos terkait