Loading...
7 views

Perusahaan Outsourcing Serap Banyak Tenaga Kerja

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Banyak perusahaan sekarang yang merekrut tenaga kerja mereka melalui perusahaan penyedia jasa tenaga kerja atau yang lebih dikenal dengan outsourcing. Kehadiran perusahaan alih daya ini ternyata  mampu membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pencari kerja.

Demikian diungkapkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin  Noor  dalam sambutannya yang di bacakan Assisten III, Ir H Syamsir Rahman MS saat pembukaan Musyawarah Provinsi (Musprov) Pertama Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia ( Apklindo) di Banjarmasin, Sabtu (3/2).

Menurutnya, jumlah angkatan kerja di Kalimantan Selatan dalam 2 tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan.    Pada pertengahan Agustus 2017 yang lalu berada di angka 2,7 juta orang, jumlah ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebanyak 21 persen.

BACA JUGA:  Pertumbuhan Ekonomi Kalsel Naik 5,2 Persen

“ Kalsel  berhasil menurunkan angka pencari kerja setiap tahunnya, hal ini selain karena sektor ekonomi yang muali membaik juga banyaknya tenaga yang direkrut oleh perusahaan alih daya yang jumlahnya tidak kurang 120 perusahaan yang ada di Kalsel” terangnya

Terlebih lagi, tambah gubernur hadirnya Asosiasi ini akan mampu meningkatkan kualitas tenaga kerja. “ Kehadiran asosiasi tentunya akan dapat membantu  meningkatkan kualitas dan profesonalisme tenaga kerja sehingga mampu menciptakan hasil yang maksimal” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Apklindo Pusat H Muhammad Shiddiq mengungkapkan  saat ini tenaga klining bukan lagi  pekerja biasa yang sering hanya di pandang sebelah mata.

“ Tenaga klining saat susah memiliki standar kompetensi  dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga mereka saat ini diakui sebagai sebuah profesi” terangnya

BACA JUGA:  Disabilitas Punya Hak Bekerja di Perusahaan

Shiddiq juga menuturkan untuk tenaga kerja klining di Kalsel sebagian telah memenuhi standar karena telah melakukan uji kompetensi. “ Sudah sejak beberapa bulan yang lalu Kalsel telah melakukan uji komptensi bagi para pekerja klining” katanya.

Loading...

Pada Musprov I Apklindo Kalsel terpilih menjadi ketua adalah H Deddy Subiantoro yang akan memimpin organisasi ini hingga 5 tahun ke depan. Dan Apklindo Kalsel merupakan cabang yang ke 18 dari beberapa cabang yang telah terbentuk di Indonesia.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *