Tahun Depan Usaha Jasaboga Wajib Bersertifikasi

  • Whatsapp
Ketua APJI Kalsel, Surya D Setianta bersama walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani

Wartaniaga,Banjarbaru- Usaha bidang kuliner di Kalimantan Selatan saat ini kian berkembang. Termasuk jasa katering yang makin dilirik oleh pelaku usaha.  Namun kebanyakan mereka masih belum memiliki standar terhadap pelayanan komsumen.

Berangkat dari itu, Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Kalsel selalu berupaya mengajak angggotanya untuk memenuhi standar dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen. Menurut Ketua DPD APJI Kalsel, Surya D Setianta, usaha kuliner dan boga harus memperhatikan kebersihan dan sertifikasi dari bahan yang digunakan.

Muat Lebih

“ Dalam menjalankan usaha kuliner dan boga banyak yang harus diperhatikan. Selain kebersihan, higienis sampai bahan yang digunakan harus bersetifikasi halal” ujarnya kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Sediakan 500 Porsi Ketupat, Stand HSS Diserbu Pengunjung Kalsel Expo 2018

Untuk itu, ujar Surya dirinya berharap usaha kuliner dan boga yang ada di Kalsel dapat menjadi anggota APJI karena asosiasi ini merupakan satu-satunya mitra pemerintah dalam membina usaha katering.

“ Sejak tahun 1986, APJI sudah menjadi mitra pemerintah dalam membina usaha kuliner khususnya katering. Para anggota akan mendapatkan pembinaan usaha katering sesuai dengan standar usaha jasaboga sebagaimana diatur dalam UU kepariwisataan dan Permenparekraf RI” jelas pemilik Kaila Katering ini.

Terlebih lagi, menurutnya tahun depan pemerintah akan mewajibkan semua usaha katering memiliki sertifikat  yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata. Hal ini juga mewajibkan pemerintah harus memilih usaha ketering yang bersertifikat yang menjadi mitra kerjanya.

BACA JUGA:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Masih Aman

“ Wajib,  2019 pelaku usaha ketering harus memiliki sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Nasional untuk menunjukan bahwa mereka sudah layak dan memiliki kopentensi dalam menjalankan usahanya. Dan pemerintah daerahpun diwajibkan hanya bermitra dengan usaha yang sudah bersertifikat” tuturnya.

Untk mewujudkan itu, dirinya bersama jajaran pengurus dalam waktu dekat segera membentuk kepengurusan ditingkat kabupaten dan kota seKalsel. “Saat ini sudah ada 24 usaha katering yang tergabung dalam APJI Kalsel dan 2 yang sudah bersertifikat. Serta dalam waktu dekat akan dibentuk cabang diseluruh kabupaten dan kota” bebernya owner Bebek Kaila ini.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Koleksi Kaila Katering           

Pos terkait