KalSel Lebih Pantas Sebagai Alternatif Ibu Kota

  • Whatsapp
Sejumlah pengurus PWI Kalsel berfoto bersama Gubernur H Sahbirin Noor saat bertandang tadi malam. (wartaniaga.com - Foto:Edy Koesmono)

WartaNiaga.com, Banjarmasin – Letak geografis Kalimantan Selatan yang merupakan pintu masuk perdagangan untuk wilayah Kalimantan menjadikan provinsi ini lebih layak sebagai alternatif ibu kota dibanding dengan daerah lainnya di pulaui ini.

Demikian dikatakan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat menerima Pengurus Persatuan Wartawan (PWI) Kalsel dan Panitia Konfrensi Kerja Provinsi (Konferprov) PWl Kalsel, di kediamannya tadi malam (10/7).

Muat Lebih

Menurutnya kedatangan presiden Jokowi beberapa waktu lalu juga mengungkapkan hal senada. Sehingga pada waktu itu Presiden memintanya untuk mencarikan lahan sebagai alternatif pemindahan ibu kota negara.

BACA JUGA:  Kereta Api Kalimantan Masih Mencari Investor

“Saya terkejut ketika presiden meminta untuk dicarikan lahan seluas 30.000 ha.Ditanya untuk apa, presiden Jokowi menjawab sebagai salah satu pilihan pemindahan ibu kota” tutur Sahbirin

Selain itu Kalsel juga dapat dibangun pelabuhan samudera, dengan demikian memudahkan akses laut yang juga sangat diperlukan oleh sebuah ibu kota negara.

“Kalau mau dibangun pelabuhan samudera yang lebih besar kita punya lahan. Pelabuhan ini sangat penting bagi sebuah ibu kota negara, selain mempermudah perdagangan juga akses laut diperlukan sekali penunjang ” jelasnya

Lebih lanjut dirinya menuturkan, sebagai daerah tertua di Kalimantan sangat wajar jika Kalsel mendapatkan penghargaan sebagai ibu kota negara.

“Sebelum berdirinya provinsi lain di Kalimantan ini, Banjarmasin sudah ada. Dan tidak dapat dipungkiri kota inilah yang paling tua di daerah ini sehingga jika alternatif ibu kota di pindah ke Kalsel menjadi sangat wajar “ ujarnya.

BACA JUGA:  SMSI Kalsel bekerjasama dengan FKPT gelar Workshop Tangkal Hoax dengan Kearifan Lokal

Baginya, kabupaten Tanah Bumbu dan Tanah Laut mampu menyediakan lahan seluas itu. Terlebih lagi kedua wilayah itu memiliki struktur tanah pegunungan yang dapat dibangun gedung perkantoran bertingkat tinggi. Dan jika yang lebih menariknya kedua kabupaten itu memiliki akses laut yang menungkinkan di bangun pelabuhaan serta bandara guna menunjang ibu kota.

Reporter : Edy Koesmono
Editor : Ddin Ariyadi
Foto : Edy Koesmono

Pos terkait