Hermansyah : Penyusunan Produk Hukum Daerah Perlu Analisa Mendalam

Pj Bupati HSS, Hermansyah

Wartaniaga.com, Kandangan-Bagian Hukum Setda Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Produk Hukum Daerah, Bertempat di Fave Hotel Banjarbaru, Sabtu (25/11).

FGD penyusunan Produk Hukum daerah diikuti sebanyak 40 peserta dari berbagai instansi termasuk perangkat daerah, RSUD Hassan Basri Kandangan, RSUD Daha Sejahtera, Bagian Setda Serta dari PT.Tirta Amandit Perseroda.

Penjabat(Pj) Bupati HSS Hermasyah yang hadir dalam FGD tersebut menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan FGD serta berterima kasih kepada panitia pelaksana dan narasumber dari Bagian Perundang-undangan Kabupaten/Kota Wilayah III Biro Hukum Setda Provinsi Kalsel.

Hermansyah mengungkapkan data terkait jumlah produk hukum yang dikeluarkan oleh Pemkab HSS pada tahun 2022 sebanyak 12 Perda, 69 Perbup, dan 334 SK.

Sementara pada tahun 2023 hingga tanggal 24 November, terdapat 7 Perda, 56 Perbup, dan 274 SK.

“Untuk tahun 2024, terdapat 15 Raperda yang diajukan ke Pemprov Kalsel melalui fasilitasi Biro Hukum, terdiri dari 10 dari eksekutif (7 diantaranya merupakan kelanjutan dari tahun 2023) dan 5 Raperda Inisiatif DPRD,” ungkap Hermansyah.

Lebih lanjut kata Hermansyah, ini sejalan dengan kebutuhan produk hukum yang dibutuhkan oleh daerah. Oleh karena itu, FGD menegaskan bahwa penyusunan Produk Hukum Daerah bukanlah tugas yang mudah, tetapi membutuhkan keahlian, ketelitian, dan analisis yang mendalam.

Kabag Hukum Setda Kabupaten HSS, Fitri, SH, menegaskan pentingnya perhatian terhadap penyusunan produk hukum daerah sebagai dasar dalam tata kelola pemerintahan di daerah. Hal ini mencakup penyusunan peraturan daerah, peraturan Bupati, dan keputusan Bupati yang menjadi landasan dalam menjalankan pemerintahan.

“Dengan kegiatan ini di harapkan tujuan penyelaraskan pemahaman, meningkatkan kinerja, dan koordinasi dalam penyusunan produk hukum daerah, dapat di capai” kata Fitri

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60