Lomba Balap Jukung Tradisional Rambah Kabupaten HSS

Wartaniaga.com,Kandangan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel gelar Lomba Balap Jukung Tradisional di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada 26 November 2023.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono mengatakan kegiatan ini berkolaborasi dengan komunitas jukung tradisonal di Kabupaten HSS, dalam rangka untuk memberdayakan olahraga balap jukung tradisional di Kalsel terlebih masyarakat pesisir sungai.

“Tujuan lomba untuk menghidupkan budaya sungai yang melekat di masyarakat Kalsel agar tidak tenggelam oleh arus modernisasi,” kata Budiono mewakili Kadispora Kalsel.

Ia menambahkan, peserta yang sudah mendaftar sebanyak 30 tim. Bahkan peserta cukup banyak yang ingin mengikuti kegiatan ini.

“Jadi antusias masyarakat pesisir sungai sangat luar biasa untuk mengikuti ajang lomba balap jukung. Apalagi balap jukung tradisonal dapat mendukung pariwisata khususnya di objek wisata sungai,” ujarnya.

Sejauh ini pengenalan sungai sebagai kawasan wisata hanya beberapa kawasan di Kalsel saja yang coba mengembangkannya. Untuk itu, dengan digelarnya balap jukung di HSS kali ini diharapkan wisata sungai di kabupaten lain juga bias dikenal baik oleh masyarakat.

Guna menambah semaraknya kegiatan ini, Pemprov Kalsel bahkan sudah mempersiapkan hadiah untuk pemenang yakni, adapun total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp50 juta.

Editor:Ahmad Yani

Pos terkait

banner 468x60