Komisi III DPRD Kalsel Menilai PT. Talenta Bumi Sebagi Pencontohan Bagi Perusahaan Lain dalam Penggunaan IUP

Komisi II DPRD Kalsel Rapat Bersama PT. Talenta Bumi Kabulaten Barito Kuala

Wartaniaga.com, Barito kuala – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) monitoring infrastruktur jalan di Kabupaten Barito kuala. Jumat (25/8) Pagi.

Monitoring ini berada di PT. Talenta Bumi Kabulaten Barito Kuala. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (DIRUT) PT. Talenta Bumi Dian Setiawan sampikan beberapa program terkait kemanusiaan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) ini menjadi kebijakan top manajemen bahwa Kita bekerja harus mengedepankan CSR,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dian Menuturkan beberapa program yang terkait CSR. Pertama, direct langsung ke penduduk di sekitaran perusahaan atau Ring 1 pertahunnya rata-rata 1,8 hingga 2 milyar. Kedua berkontribusi ke Pemda Batola dan pihaknya satu-satunya perusahaan yang salurkan CSR langsung ke Pemda sebesar 500 rupiah per ton dan pada tahun 2022 kita sudah menyetorkan 5,3 Milyar ke kas daerah yang dipakai oleh Biro Kesra Batola.

Menurut data perusahaan, jalan hauling atau jalan khusus transprotasi angkutan batubara ini membentang sepanjang 42 Km dari Kabupaten Barito Kuala sampai Kabupaten Banjar. Sebanyak 25 IUP Izin Usaha Pertambangan (IUP) perusahaan yang menggunakan fasilitas jalan tersebut.

( Tengah ) Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel H. Gusti Abidinsyah. S. Sos., M.M

Terkait polusi udara, Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel H. Gusti Abidinsyah. S. Sos., M.M mengatakan bahwa pihak perusahaan sudah mengatasi area yang mana rentan menimbulkan debu.

“Kita sudah kontrol dan dapat informasi dari masyarakat juga bahwa diarea stockpile yang dulu sering menimbulkann debu, sekarang sudah dikandang dan jalannya pun sering disemprot oleh water truck. Terlebih apabila kondisi angin lagi kencang, perusahaan menghentikan total produksinya dari hulu hingga ke hilir,” pungkasnya.

Abidin sapaan akrab beliau menambahkan kembali bahwa penanaman pohon diarea stockpile juga sudah diterapkan sejak dini. “Pihak perusahaan juga menanam pohon guna mencegah abrasi. Dan itu juga menghambat debu yang sering terjadi diarea stockpile,” tambah Abidinsyah.

Melalui Abidinsyah, Komisi III apresiasi PT Talenta Bumi terhadap beberapa program yang cukup terserap oleh masyarakat sekitar.

“Ini menjadi contoh bagi daerah tambang atau pengguna IUP maupun pelabuhan-pelabuhan lainnya agar penggunaan CSR harus lebih diperhatikan guna kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutur Abidinsyah.

Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60